Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budjana: Lagu untuk Bubi Chen

Kompas.com - 17/02/2012, 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gitaris I Dewa Gede Budjana (48) merupakan salah satu pemusik beda generasi yang memiliki pengalaman bermusik dengan pianis jazz legendaris Bubi Chen, yang meninggal dunia dalam usia 74 tahun di Semarang (Jawa Tengah), Kamis (16/2/20120 malam.

Dalam lagu "Souvereign Hill" dalam album solo Budjana yang berjudul Samsara (2001), sang pianis ambil bagian. "Cuma dua jam take (rekaman) di hall Melodia Musik, Surabaya," kenang Budjana ketika diwawancara melalui BlackBerry Messenger, Jumat (17/2/2012) pagi.

Budjana memiliki alasan untuk memasukkan permainan Bubi ke dalam lagu tersebut. "Merasakan dia cocok main aja," tulis Budjana. Sambungnya, lagu itu memang membutuhkan, "Style-nya Bubi."

Meskipun Budjana datang dari generasi di bawahnya, Bubi terbuka untuk bekerja sama. "Gampang banget dan enak," terang Budjana soal mengajak Bubi bekerja sama.

Lagu tersebut dibawakan ulang oleh grup Trisum dalam album kedua mereka, Five in One, yang dirilis pada 2011. Versi Trisum, yang terdiri dari trio gitaris Budjana, I Wayan Balawan, dan Tohpati, serta Indro Hardjodikoro (bas) dan Echa Soemantri (drum), lagu itu tanpa permainan piano. "Lagu itu aku ganti judulnya jadi 'Bubi's," cerita Budjana, yang belum lama ini merilis album solonya yang berjudul Dawai in Paradise.

"Bubi's" dipersembahkan untuk Bubi. Gagasan itu muncul sesudah Budjana bertemu dan terakhir kali dan berbincang-bincang dengan Bubi di Semarang pada 2010. "Setelah ketemu di Semarang itu, aku pikir lagu itu bagus didedikasikan buat dia," kenang Budjana lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com