Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Absen, Woody Allen Singkirkan Hazanavicius

Kompas.com - 27/02/2012, 11:16 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Selalu ada kejutan di panggung Oscar. Lihat saja, Woody Allen berhasil menyisihkan Michel Hazanavicius dalam perebutan penghargaan Oscar pada ajang Academy Awards 2012 yang berlangsung di Los Angeles, Minggu (26/2/2012) waktu setempat. 

Allen dinobatkan sebagai peraih Oscar untuk kategori Naskah Asli Terbaik untuk filmnya Midnight in Paris.  Ini tentu kabar yang mengejutkan, mengingat Hazanavicius lewat film The Artist yang lebih diunggulkan di kategori tersebut. Sayang, Allen tak hadir saat namanya diumumkan menjadi pemenang. 

Sementara itu, untuk kategori Naskah Adaptasi Terbaik, penghargaan diberikan kepada  Alexander Payne, Nat Faxon, Jim Rash lewat film The Descendants.

Film ini sukses mengalahkan saingannya seperti film Hugo (John Logan), The Ides of March (George Clooney, Grant Heslov, Beau Willimon), Moneyball (Steven Zaillian, Aaron Sorkin, Stan Chervin), dan Tinker Tailor Soldier Spy (Bridget O'Connor, Peter Straughan).

Di kategori Musik Terbaik, diraih film The Artist (Ludovic Bource), mengalahkan John Williams (The Adventures of Tintin dan War Horse), Howard Shore (Hugo), serta Alberto Iglesias (Tinker Tailor Soldier Spy).

Tahun 2012 ini, hanya ada dua nomine untuk kategori Lagu Terbaik. Yaitu film Rio dengan lagu andalannya Real in Rio (Sergio Mendes, Carlinhos Brown, Siedah Garrett), dan The Muppets dengan judul Man or Muppet (Bret McKenzie). Dan, kategori ini dimenangkan Bret McKenzie lewat The Muppets.

The Shore sukses menang kategori Film Pendek Aksi Terbaik, yang diraih oleh ayah dan anak, Terry George dan Oorlagh George. Keduanya mengalahkan Peter McDonald (Pentecost), Maz Zahle, Stefan Gieren (Raju), Andrew Bowler, Gigi Causey (Time Freak), dan film Hallvar Witzo (Tuba Atlantic). 

Film Animasi Pendek Terbaik, tahun ini dimenangkan oleh film The Fantastic Flying Books of Mr. Morris Lessmore (William Joyce, Brandon Oldenburg).  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com