Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Octavia Spencer, Anak Pembantu yang Menggenggam Oscar

Kompas.com - 27/02/2012, 14:51 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Artis peran Octavia Spencer yang memerankan sosok Minny Jackson di film The Help berhasil memenangkan Oscar pertamanya untuk kategori "Actrees In a Supporting Role".

Diumumkan dalam Academy Awards ke-84 yang digelar di  Hollywood and Highland Center, California, Amerika Serikat (AS), Minggu (26/2/2012) waktu setempat, Spencer berhasil menyingkirkan Berenice Bejo (The Artist), Melissa McCarthy (Bridesmaids), Janer McTeer (Albert Nobbs), dan rekan sefilmnya Jessica Chastain (The Help).

Spencer sukses mencuri perhatian lewat aktingnya sebagai pembantu berkulit hitam yang dipecat beberapa kali hingga sulit untuk membangun reputasi untuk menjadi seorang karyawan. Namun, Minny Jackson segera bangkit dan menjadi fenomenal dengan keterampilan memasaknya.

Spencer yang lahir di Montgomery, Alabama, 25 Mei 1972, mulai melejit namanya sebagai pemeran Constance Grady dalam sitkom (situasi komedi) Ugly Betty. Sebelum meraih Piala Oscar, Spencer juga memenangkan Golden Globe Award 2012 dan BAFTA di kategori yang sama.

Anak ke enam dari tujuh bersaudara ini memulai kariernya sebagai seorang suster dalam film A Time to Kill yang diangkat dari novel karya John Grisham.

Karier Spencer mulai menanjak semenjak ikut membintangi Never Been Kissed, Big Momma's House, Bad Santa, Spider-Man, Coach Carter, Win a Date with Tad Hamilton!, dan Pretty Ugly People. Tapi siapa sangka, Spencer yang dinobatkan sebagai "Actrees In a Supporting Role" itu memiliki seorang ibu yang bekerja sebagai pembantu. Jadi tak heran jika sarjana jebolan Liberal Arts, Auburn University ini begitu terlihat natural saat memainkan Minny Jackson di film The Help.

Menjadi pembantu dalam film pun sebelumnya pernah ia jalani, ketika ia tampil dalam serial televisi Lansky (1997). Kedekatan peran dengan kehidupannya inilah yang boleh jadi membawa dia memahami karakter hingga ia tampil begitu natural dalam film The Help. Spencer pun menumpahkan kebahagiannya di panggung Oscar.
            
Tak dipungkirinya, kisah di film yang ia bintangi memiliki kedekatan emosional dengan masa lalunya. Ia pun sempat menangis harus saat menerima penghargaan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com