Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Java Jazz Festival 2012 Didukung 1.000 Lebih Artis Musik

Kompas.com - 29/02/2012, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam ajang musik tahunan Java Jazz Festival (JJF) untuk mempromosikan Indonesia kepada dunia melalui JJF 2012.

Acara tersebut didukung oleh lebih dari 1.000 artis musik lokal maupun mancanegara dengan menyuguhkan pertunjukan musik berkelas dunia di atas 19 panggung, antara lain Dewa Budjana, Dira Sugandi, dan Sandhy Sondoro, serta Erykah Badu, Stevie Wonder, dan Bobby McFerrin.

"Java Jazz Festival setiap tahunnya dihadiri oleh pemusik kelas dunia dari dalam dan luar negeri. Ini kesempatan bagi kita untuk mempromosikan potensi bangsa kita," seru Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Hesti Indah Kresnarini hari Rabu (29/2/2012), pada konferensi pers pre-event JJF 2012 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Dirjen PEN mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi musik yang luar biasa, mulai dari musik daerah hingga musik kontemporer. Para artis musik jazz Indonesia menghasilkan karya yang unik karena referensi musik yang sangat kaya di Indonesia. "Kita harus menunjukkan kepada dunia kalau Indonesia is remarkable melalui karya-karya musik jazz anak bangsa," ujarnya.

Lebih lanjut, Dirjen PEN mengatakan, melalui JJF 2012 diharapkan musik Indonesia bisa lebih diakui dan diterima oleh pecinta musik sekaligus bisa mempromosikan Indonesia sebagai bangsa berbudaya dengan segala potensi yang dimiliki. Pada tahun ini, Kemendag bekerja sama dengan Java Festival Production kembali memersembahkan panggung The Hall of World Music di area Hall B2.

"Pada panggung tersebut diberikan kesempatan bagi para musisi Indonesia untuk tampil dan berkolaborasi dengan musisi dunia, seperti Donny Suhendra featuring Trie Utami, Siera Soetedjo, Alfredo Rodriguez Trio, Kotak featuring Nabrassan, dan Carl Allen. Dengan berkolaborasi diharapkan akan muncul ide dan semangat baru kepada para musisi Indonesia lainnya untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi," kata Hesti.

Pada tahun ini, Kementerian Perdagangan kembali bersinergi dengan berbagai pihak mendukung pelaksanaan JJF yang akan diselenggarakan pada 2-4 Maret 2012, di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. Penyelenggaraan JJF kini memasuki tahun kedelapan dan saat ini JJF diakui sebagai salah satu festival jazz terbesar di dunia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com