Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andy Ayunir: Seperti Mantra

Kompas.com - 13/03/2012, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com --  Menciptakan dan melantunkan lagu dengan sepenuh hati seakan menjadi mantra. Itulah yang dirasakan pemusik dan pencipta lagu Andy Ayunir (45).

Maksudnya, jika dia menciptakan lagu dengan lirik yang berkisah tentang kesedihan, sering kali hal sedih kemudian terjadi dalam kehidupannya.

”Kalau lagu sedih itu dinyanyikan tanpa perasaan, rasanya ’kosong’ karena kurang penghayatan. Tetapi, kalau dinyanyikan sepenuh hati, indah dan pendengar pun bakal tersentuh. Tetapi, ya itu tadi, bisa memunculkan hal yang menyedihkan pula,” ujarnya.

Tanpa menyebut judul lagu ciptaannya, dia berkisah, komunikasinya dengan seorang teman sempat terputus setelah lagu berlirik tentang hilangnya persahabatan itu dia ciptakan.

Karena itulah, saat diminta membuat soundtrack film, Andy dengan senang memenuhinya. Dia merasa bisa mengalirkan energi dari lagu ciptaannya ke dalam film. Di samping itu, membuat soundtrack bagi dia juga lebih mudah karena skenario sudah tercipta.

”Saya tinggal menyesuaikan lirik lagu dengan skenarionya,” ujar Andy yang baru merampungkan lima lagu untuk film Bait Surau.

”Dua lagu itu dinyanyikan Rio Dewanto dan tiga lainnya dinyanyikan Ikhsan ’Idol’. Kenapa mereka? Karena Rio dan Ikhsan bermain dalam Bait Surau dan mereka juga bisa menyanyi. Ini akan membuat penghayatan lagu itu lebih bagus,” kata Andy tentang film yang rencananya beredar pertengahan Juli nanti. (CP)

 
 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com