Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik... Musikal Laskar Pelangi Cari Bakat Lokal di Yogyakarta!

Kompas.com - 10/04/2012, 19:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dipentaskan di Jakarta dan Singapura, kini set panggung kampung Gantong-Belitong dan 150 talent dan crew-nya akan diboyong ke Yogyakarta. Di Kota Gudeg ini, Mira Lesmana Cs juga akan mencari bakat-bakat lokal untuk diberi kesempatan terlibat pada Pentas Musikal Laskar Pelangi (MLP) yang akan digelar 25 - 27 Mei 2012 mendatang.

Sutradara MLP, Riri Riza, dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (10/4/2012), mengatakan dirinya telah berikhtiar untuk melibatkan potensi lokal di setiap lokasi pementasan MLP. Jika pada pementasan di Singapura menggandeng tim drum band pelajar di sana, di Yogyakarta kali ini pihaknya akan mencari lebih dari 20 pemain tambahan. Proses audisi ini akan berlangsung hingga 15 April mendatang di Yogyakarta.

''Dari total audisi tersebut kita akan mencari enam pemain tambahan dari Musikal Laskar Pelangi ini. Mereka adalah anak laki-laki berusia antara 5-7 tahun,'' kata Riri.

Adapun enam pemain utama yang hendak diaudisi ini akan memerankan tokoh Mahar, Kucai, Borek, Sahdan, Trapani, dan satu karakter berparas oriental, Akiong. Sementara itu, satu tim drum band pelajar setingkat SD kelas 4-6 akan diambil sebanyak 11 orang. Khusus untuk audisi pemain dewasa, tim kreator MLP akan mencari tujuh orang, yang dua diantaranya berparas Cina dan tiga perempuan berusia 20-25 tahun.

"Meskipun berlatar desa Gantong, kami sengaja tidak menghilangkan karakter Yogyakarta itu sendiri. Banyak seniman lahir di sini," tambah Mira Lesmana.

Anas Syahrul Alimi, promotor MLP, menjelaskan, sejak awal proses audisi ini telah disepakati bersama oleh Rajawali Indonesia, Miles productions, dan Etcetera Entertainment. Ia mengatakan, para talenta terpilih ini nantinya dipertimbangkan juga untuk diboyong ke sejumlah tempat pementasan MLP. "Kalau pemain lokalnya bagus, akan ada kemungkinan mereka dibawa serta ke dalam tur MLP ke kota berikutnya. Itu sudah janji dari Mira Lesmana dan Riri Riza kepada kami,'' ujarnya.

Tahun ini, Yogyakarta merupakan kota pertama MLP di Indonesia setelah Jakarta. Pementasan MLP akan digelar sebanyak lima kali selama tiga hari tersebut. Untuk pentas ini, Riri Riza tetap dipercaya sebagai sutradara, sementara duet Erwin Gutawa dan Jay Subiakto masing-masing bertanggung jawab sebagai arranger dan art director.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com