Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerilya Batik Iwet Ramadhan

Kompas.com - 24/04/2012, 05:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembawa acara dan penyiar radio Iwet Ramadhan (30) semakin aktif bergerilya mengenalkan batik. Sejak membuka usaha Tikshirt, Iwet rajin menggelar kelas membatik bagi masyarakat luas.

"Misinya mengenalkan batik. Tidak hanya wujud batik, tetapi juga definisi batik. Mengenalkan bahwa teknik batik ada di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia. Ini sekaligus memperkenalkan motif batik beserta filosofinya," tutur Iwet yang bermain dalam film Arisan! 2.

Hingga kini, kelas membatik sudah dia gelar 10 kali. Lokasinya di pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta. Bulan Mei mendatang, kelas membatik akan digelar di Kuningan City, Jakarta.

Tidak jauh-jauh dari batik, Iwet juga berencana menulis buku mengenai definisi batik, motif, arti, dan filosofinya. "Nanti sketsanya aku sendiri yang buat," ujarnya. Jika sesuai target, buku tersebut akan dirilis Oktober 2012.

Proyek lain yang tengah dikerjakan Iwet adalah menggelar festival budaya untuk anak muda. Di dalamnya ada bazar hasil karya anak muda Indonesia, hiburan dari band-band Tanah Air yang membawakan lagu-lagu daerah, serta pentas tari yapong dan tarian daerah. "Ada juga kelas membatik, memasak makanan daerah, dan lain-lain," lanjut Iwet. Acara tersebut digelar pada 20 Juni hingga 1 Juli mendatang. (DOE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com