Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga 5 Kali Seminggu, Rahasia Bugar Susan Bachtiar

Kompas.com - 27/04/2012, 11:08 WIB

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan tubuh yang ramping, Susan Meilani Bachtiar merasa tak cukup hanya dengan melakukan diet. Gaya hidup sehat yang sudah dijalankannya harus diikuti dengan olahraga untuk membantu menjaga berat badan tetap normal.

"Di usia yang semakin bertambah ini, metabolisme tubuh juga akan berkurang sehingga hasil diet tidak maksimal. Jadi sebaiknya tambahkan dengan olahraga," ungkap Susan Bachtiar kepada Kompas Female di Ritz Carlton hotel, Jakarta, Selasa (24/4/2012) lalu.

Susan biasa melakukan beberapa jenis olahraga yang bisa membakar kalori, sekaligus menjaga kesehatannya. "Minimal dalam seminggu harus olahraga lima kali agar lebih segar," ungkapnya. Ia mengaku sebenarnya termasuk hobi berolahraga, dan saat berolahraga selalu memancang target untuk memiliki tubuh yang sehat dan kencang.

Namun, meski olahraga yang tergolong high impact memiliki kemampuan membentuk tubuh dan merampingkan lebih cepat dibandingkan low impact, perempuan kelahiran 2 Mei 1973 ini tak mau mengambil jalan pintas untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Ia lebih memilih olahraga low impact agar tubuhnya tidak sakit akibat terlalu dipaksa berolahraga. Beberapa jenis olahraga yang dilakukannya pergi ke gym, antara lain untuk berlatih kardio, Pilates, dan yoga.

Dulu, Susan mengaku pergi ke gym setiap hari. Namun aktivitasnya yang semakin padat, dengan jadwal tetap sebagai guru bahasa Inggris di Taman Kanak-Kanak, membuatnya agak sulit untuk pergi ke gym setiap hari. Saat ini ia hanya pergi ke gym tiga kali seminggu untuk berlatih selama satu jam bersama seorang personal trainer. Di gym, ia selalu berlatih kardio selama 15 menit untuk membantu membakar kalori.

"Setelah itu dilanjutkan dengan latihan endurance dan latihan lainnya sesuai anjuran PT," tambah Susan, yang juga berlatih angkat beban untuk membantu mengencangkan otot.

Jadwal ke gym biasanya berlangsung pada pagi dan sore hari. Sepulang mengajar Susan melanjutkan olahraganya dengan melatih fleksibilitasnya melalui Pilates. Sedangkan pada akhir pekan ia akan bergabung dengan kelas yoga.

Selain mendapat tubuh yang ramping, olahraga juga dilakukannya untuk menginvestasikan kesehatannya di masa tua nanti. Postur tubuh keluarganya yang cenderung gemuk, membuatnya memiliki keinginan untuk tetap ramping dan sehat. "Punya tubuh yang bugar dan ramping adalah pilihan. Dan saya memilih untuk menjadi sehat, ramping, dan bugar seumur hidup saya, salah satunya dengan rajin olahraga," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com