Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maya Hasan Kembangkan Musik Penyembuh

Kompas.com - 22/05/2012, 07:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Seniman harpa, Maya Hasan (40), sedang mengembangkan terapi musik untuk pengobatan penyakit kanker. Ia kini mencari partner untuk mengembangkan jenis pengobatan tersebut. "Kalau riset, aku murni melakukan sendiri. Tetapi bagaimana melakukan terapi itu, perlu ada kerja sama dengan pihak lain," tutur Maya, Senin (21/5) sore.

Soal kerja sama dengan rumah sakit, menjadi penekanan Maya karena pernah mendapat pengalaman kurang enak saat akan memberi terapi bagi ibu temannya yang saat itu dirawat di sebuah rumah sakit di Jakarta. "Beberapa waktu lalu, aku mencoba membantu beliau yang baru keluar dari ICU dan dipindah ke kamar perawatan biasa. Saya sudah bawa alat musik berat-berat, ditahan oleh satpam," katanya.

Tak hanya satpam yang melarang, suster juga khawatir Maya akan membuat suasana rumah sakit itu berisik. "Aku yakinkan bahwa musik saya tak akan memunculkan suara berisik," lanjutnya tertawa mengenang peristiwa itu.

Akhirnya, suster dan satpam mengizinkan dia masuk kamar pasien. Setelah mendengar musik harpa Maya, pasien yang sudah tiga hari tak bisa tidur itu tertidur lelap. Esoknya pasien boleh pulang.

Pengalaman menyembuhkan pasien untuk kesekian kalinya semakin memacu Maya terus berupaya menjadikan musik sebagai penyembuh, selain penyembuhan dengan medis. (TRI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com