Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontroversi Lady Gaga Jadi Skripsi Mahasiswa

Kompas.com - 23/05/2012, 13:42 WIB

KOMPAS.com — Ribut-ribut penolakan kedatangan Lady Gaga ke Indonesia karena dianggap mendukung kaum homoseks dan lesbian rupanya menginspirasi seorang mahasiswa Universitas Tarumanagara Jakarta untuk mengangkat topik itu sebagai bahan skripsi.

Mahasiswa bernama singkat Ardi Putra itu mengangkat kontroversi tersebut dalam skripsi berjudul
"Konstruksi Realitas Pro-Homoseksual Dalam Video Klip Born This Way".

Dalam ilustrasi pengajuan skripsinya untuk meraih gelar S-1 Ilmu Komunikasi itu, Ardi Putra mengaku tergugah mengangkat kontroversi itu sebagai bahan skripsi karena Lady Gaga sangat potensial memengaruhi pola pikir banyak orang karena kapasitasnya sebagai selebriti paling berpengaruh di muka bumi saat ini.

"Dari hasil proses komunikasi tersebut dapat membuat orang terpengaruh untuk mengikuti makna yang disampaikan oleh komunikator melalui pesannya, dan mempunyai peran yang sangat besar bagi orang-orang sekitarnya," tulisnya.

"Sosok artis yang memiliki kekuasaan dan kedudukan dapat memberikan pengaruh kepada fansnya," tulisnya lagi, mengutip teori pakar.

Pernyataan tersebut mempunyai arti bahwa seorang artis yang telah memiliki kekuasaan dan jumlah penggemar setia yang besar dapat dengan mudah menyampaikan pesan yang ia bawa kepada penggemarnya dan menggerakkan pola pikir penggemarnya. Dengan demikian, dapat terjadi pergeseran nilai budaya kontemporer menjadi sesuai dengan pesan yang dibawa oleh seorang artis tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com