Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Happy Salma: "Monolog Inggit" Sekolah buat Saya

Kompas.com - 31/05/2012, 00:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Happy Salma mengatakan, bermain di Monolog Inggit ibarat sekolah lagi. "(Monolog) Inggit ini boleh dibilang sebagai sekolah buat saya. Seperti kembali lagi mempelajari sejarah," kata Happy Salma saat jumpa pers Monolog Inggit di Jakarta, Rabu (30/5/2012).

Happy mengaku, berperan sebagai Inggit membuatnya banyak mengetahui hal-hal baru, terutama soal sejarah Indonesia .

Untuk bermain sebagai istri kedua dari Presiden Soekarno itu, Happy tidak hanya mendalami karakter dari naskah. Ia juga mendalami buku yang membahas soal Inggit, seperti Ku Antar Ke Gerbang dan mencari tahu dari keluarga Inggit Garnasih.

"Saya pas baca naskah dan baca bukunya, wow dulu saya tidak tahu. Saya seperti diajari lagi sama guru saya, saat zaman dulu tuh begini," ujar Happy.

Ia mengatakan, "Banyak hal yang memang baru saya sadari. Pleidoi Indonesia Menggugat, cikal bakal lahirnya Pancasila, yang menyelundupkan buku-buku ke penjara untuk Bung Karno adalah Inggit."

Menurut Happy, untuk memainkan peran tersebut, ia merasa perlu dan harus memunculkan tokoh tersebut ke dalam monolog.

"Sosok Inggit Garnasih sangat inspiratif bagi kaum perempuan di Indonesia. Dia adalah tokoh perempuan yang mandiri, tetapi tidak banyak yang tahu. Saya ingin mengangkat itu. Saya ingin menampilkan spiritnya," kata Happy.

Inggit Garnasih adalah sosok perempuan sederhana yang setia mendampingi Soekarno selama 20 tahun. Ia memilih  melanjutkan hidupnya secara mandiri, kembali meracik jamu, karena menolak untuk dimadu meskipun saat itu sang suami sedang meniti puncak sebagai pemimpin bangsa.

Monolog Inggit yang sebelumnya dipentaskan di Bandung akan ditampilkan kembali di Salihara, Jakarta, tanggal 4-5 Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com