Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November, "Laskar Pelangi" Terbit di AS

Kompas.com - 01/06/2012, 01:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Edisi internasional novel Laskar Pelangi atau The Rainbow Troops karya penulis Andrea Hirata yang akan diterbitkan penerbit ternama dunia, Farrar, Straus and Giroux (FSG), rencananya diluncurkan pada November tahun ini.

"Rencananya akan diluncurkan di New York, Amerika, pada November tahun ini. Tahap awal diperkirakan akan dicetak sebanyak 500.000 eksemplar," ujar Andrea di Jakarta, Kamis (31/5/2012).

Novel yang berkisah tentang perjuangan 10 anak Pulau Belitung dalam menggapai pendidikan itu mula-mula akan diedarkan di Amerika, Kanada, Inggris, dan Australia.

"Saat ini masih dalam tahap editing dan draft cover. Mudah-mudahan bisa selesai tepat pada waktunya," kata dia.

FSG adalah penerbit ternama asal Negeri Paman Sam, yang berdiri sejak tahun 1946. FSG merupakan penerbit yang paling banyak menerbitkan karya para pemenang Nobel Sastra.

"Saya tak pernah membayangkan, sebuah novel yang diterbitkan oleh penerbit kelas dunia sangatlah rumit," ungkapnya.

Andrea menjelaskan bahwa untuk rancangan sampul depan novel tersebut saja memakan waktu berbulan-bulan dan sudah melalui diskusi panjang. Pembuatan halaman depan novel tersebut melibatkan sosiolog dan antropolog.

Hal ini tentu saja berbeda dengan pembuatan halaman depan di Indonesia, yang ringkas dan hanya melibatkan perancang grafis.

Editor novel The Rainbow Troops adalah Sarah Crichton, yang juga merupakan editor dari karya "International Bestseller", A Long Way Gone, karya Ishmael Beah.

Andrea berharap novel yang mengangkat namanya tersebut bisa memenangkan Nobel Sastra. Hal itu rasanya tak mustahil karena 23 pemenang Nobel Sastra dunia karyanya diterbitkan oleh FSG, seperti Pablo Neruda dan Nadine Gordimer. "Insya Allah, Laskar Pelangi pun berpeluang," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com