Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Little Monster "Manggung" di Depan Istana Negara

Kompas.com - 03/06/2012, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Belasan Little Monster, sebutan untuk para penggemar Lady "Mother Monster" Gaga, bernyanyi dan menari di depan Istana Negara, Jakarta, Minggu (3/6/2012). Aksi itu merupakan bentuk protes atas penolakan kedatangan Lady Gaga ke Indonesia oleh berbagai pihak yang berujung pada pembatalan konsernya di Jakarta.

Sedianya, konser Born This Way Ball Tour-nya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, hari ini. Namun, manajemen Gaga akhirnya membatalkan konser. Pembatalan itu disampaikan oleh Big Daddy Entertainment, selaku promotor konser di Jakarta tersebut, beberapa waktu lalu.

Belasan Little Monster itu berpakaian serba hitam sebagai simbol kekecewaan. Mereka juga membawa poster kecil dengan berbagai tulisan, seperti "Keep calm and love Lady Gaga", "Wish we have a voice in this country", atau "We love Lady Gaga, problem?"

Dengan diiringi musik yang dikeluarkan lewat alat pengeras suara seadanya, para penggemar Gaga yang rata-rata remaja itu menari sambil menyanyikan sejumlah hit artis musik asal Amarika Serikat itu, seperti "Judas", "Bad Romace", "Born This Way", dan "The Edge of Glory". Kira-kira 20 polisi berjaga di sekitar mereka. "Kami kecewa. Kami sudah tunggu Lady Gaga selama empat tahun. Ketika mau datang, kenapa ini terjadi?" kata Anggiat Sihombing, salah satu penggemar Gaga, disela-sela acara.

Anggiat mengatakan, pihaknya ingin menyampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa setiap orang memiliki hak untuk berekspresi. Mereka juga menyesalkan sikap pihak kepolisian yang tidak bisa menjamin keamanan atas ancaman dari kelompok terentu.

Indonesia, kata Anggiat, bukan negara agama sehingga tidak bisa menolak seseorang datang dengan alasan agama. Pihaknya juga menolak tuduhan berbagai pihak bahwa Gaga menyebarkan ajaran sesat. "Apakah dengan Lady Gaga datang moral kita langsung rusak? Tidak, kan," kata dia.

Sata Micheline, penggemar Gaga, mengatakan bahwa aksi itu digelar juga untuk menjawab pernyataan Gaga di Singapura. "Lady Gaga katakan tetap cinta Indonesia. Kami juga cinta Lady Gaga. Kami akan menunggu Lady Gaga tahun depan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com