Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Tayang, 100.000 Tiket Film "Soegija" Ludes

Kompas.com - 08/06/2012, 00:44 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Masyarakat Yogyakarta antusias menyambut pemutaran perdana film Soegija. Pada hari pertama pemutaran film kolosal ini, sebanyak 100.000 tiket ludes terjual.

Pemutaran perdana secara serentak film Soegija dimulai Kamis (7/6/2012) pagi di Indonesia. Bioskop Studio 21 Ambarrukmo Plaza, Yogyakarta, dipilih sebagai tempat peluncuran serentak pemutaran film tersebut.

"Sebanyak 100.000 tiket yang habis terjual baru di bioskop-bioskop Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung. Di daerah lain seperti Manado, Balikpapan, dan Lampung penonton juga membeludak, tapi jumlahnya belum terdeteksi," kata Romo Beni Susetyo yang turut mengawal pemutaran pertama film ini di Yogyakarta, Kamis malam.

Menurut Beni, film Soegija masih akan terus diputar dalam beberapa hari ke depan. "Banyak orang ingin menonton film ini. Ini menunjukkan kerinduan masyarakat terhadap semangat kemanusiaan, pluralisme, dan nasionalisme yang akhir-akhir ini mulai menipis. Masyarakat tahu mana film yang bermutu," paparnya.

Film Soegija dengan latar belakang antara tahun 1940-1950 mengangkat sosok Mgr Soegijapranata, uskup pribumi pertama sekaligus pahlawan nasional. Sebagai seorang uskup, Soegijapranata secara total melayani umat, tetapi juga konsisten memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia melalui diplomasi-diplomasi dengan para pemimpin bangsa serta dunia internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com