Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Proyek Kilat Drama Musikal Ifa Maliq D Essential!

Kompas.com - 29/06/2012, 11:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi seorang penata musik dalam drama musikal cerita rakyat adalah sebuah pengalaman pertama bagi Ifa Fachir, keboardis grup Maliq D' Essential. Meski termasuk proyek kilat, Ifa mengaku senang mengerjakannya proyek yang menjadi impiannya sedari dulu. Hal itu disampaikan Ifa Fachir, penata musik dan pencipta lagu Teater Musikal Bawang Merah Bawang Putih, usai tayangan perdananya, di Kartika Expo, Balai Kartini, Kamis (28/6/2012) malam.

Ifa menuturkan, proyek ini berawal dari obrolan santai antara dirinya dengan produser teater musikal Bawang Merah Bawang Putih, Tiara D Josidirjo dan Deddy Koswara. Karena memiliki kesamaan minat di bidang drama musikal, akhirnya tercetuslah ide drama musikal ini.

"Prosesnya tiga bulan. Ini proyek kilat! Kami seneng banget sama yang namanya broadwing musical dan ini udah cita-cita saya dari dulu pengen bikin drama musical, sebelum masuk ke Maliq D' Eesential," papar Ifa.

Ifa mengakui ide pembuatan lagu berasal dari mana saja. Dengan waktu yang sempit, Ifa bersama Mhala 'Numata' sangat mengandalkan teknologi dalam menggarap lagu-lagu ini. "Sekali ada ide, Mhala kirim lewat voice note. Setiap detik ada ide, langsung kirim. Bener-bener mengandalkan teknologi," katanya.

Meski begitu, kesulitan tetap ditemui Ifa. Selain waktu yang sempit, Ifa juga harus menyesuaikan ide-idenya dengan banyak pihak, seperti sutradara, koreografi. "Itu hal yang biasa sebenrnya. Kita semua harus saling sinkron," ucap Ifa.

Ifa berharap ke depannya, makin banyak orang yanhg membuat drama musikal. Selain mempopulerkan kebudayaan Indonesia, lagu-lagu anak makin dilestarikan. "Nggak cuman ke masyarakat Indonesia, tapi juga masyarakat luar," ujarnya.

Teater Musikal Bawang Merah Bawang Putih adalah teater musikal yang diangkat dari cerita rakyat Indonesia dari provinsi Jawa Tengah. Teater ini dilaksanakan oleh majalah Good Houskepping dan Tiara D. Josodridjo & Associate. Penonton dapat menyaksikan teater ini di Balai Kartini, Jakarta Selatan mulai 29 Juni - 1 Juli 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com