Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Amazing Spider-Man" Dipuncak "Box Office"

Kompas.com - 09/07/2012, 15:20 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Seperti yang diduga banyak orang, The Amazing Spider-Man berhasil mencuri perhatian di box office tangga film di wilayah Amerika Utara. Pada pemutaran pekan perdananya, film reboot Spider-Man ini mampu meraup pendapatan sebesar 65 juta dollar AS. 

Selasa (3/7/2012) lalu, waralaba Spider-Man yang penayangannya dilakukan di 4.318 biosko[ di Amerika Serikat dan Kanada,  mendapatkan perolehan pendapatan awal yang hebat, yakni 7,5 juta dollar pada pemutaran tengah malam, sama dengan pendahulunya pada 2007, Spider-Man 3.

Berdasarkan sejumlah ulasan para kritikus film dan respon para penontonnya, film The Amazing Spider-Man mendapatkan sambutan bagus. Terbukti, selama enam hari pemutaran di Amerika Utara perolehan pendapatan mencapai 140 juta dollar dan 200 juta secara internasional. Hasil ini masih akan terus meningkat dan diperkirakan mengumpulkan 341,2 juta dollar di seluruh dunia.

Film yang disutradarai Marc Webb ini menyerahkan peran utamanya kepada Andrew Garfield dan Emma Stone. Berbeda dengan film sebelumnya yang dibintangi Tobey Maguire dan Kirsten Dunst.

 Reboot  tersebut mengungguli dua waralaba segar lain, yakni Batman Begins--yang dibuka dengan 48,7 juta dollar dalam tiga hari pertama pada 2005 dan X-Men: First Class dengan debutnya sebesar 55,1 juta dollar tahun lalu. Tetapi film Spider-Man pertama yang disutradarai oleh Sam Raimi merupakan film perdana yang mampu mencapai lebih dari 100 juta dollar di pasar domestik.

Posisi kedua ditempati film komedi dari Universal Pictures, Ted, yang masih menunjukkan performa bagus pada pekan kedua.
Film kategori-D, yang menceritakan seorang pria dan boneka beruang yang suka berkata kotor, telah menghasilkan 32,6 juta dollar pada pekan kedua dan dengan penghasilan total sepuluh hari mencapai 120,2 juta dollar.

Film animasi Pixar dan Disney, Brave, tentang petualangan seorang putri yang hebat, juga cukup berhasil. Film tersebut meraup 20,2 juta dollar untuk menempati posisi ketiga, dengan total pendapatan selama tiga pekan di pasar domestik sebesar 174,5 juta dollar.

Disney yang ditopang dengan The Avengers, yang memperoleh pendapatan kotor 611 juta dollar di dalam negeri, menjadi studio pertama yang melewati pendapatan satu miliar dollar di pasar box office Amerika Serikat dan Kanada pada 2012.

Film Universal Savages, yang digarap oleh sutradara Wall Street, Oliver Stone, menempati posisi keempat dengan 16,2 juta dollar pada pekan pertama. Film drama kriminal yang diangkat dari novel laris Don Winslow tersebut menceritakan tentang sepasang makelar tembakau di Pesisir Barat, yang semakin terjerat dalam bisnis narkoba kartel asal Meksiko setelah mereka menculik teman mereka. Namun film itu hanya mendapatkan C+ di CinemaScore.

Posisi kelima diduduki film Warner Bros., Magic Mike, yang menambah 15,6 juta dollar pada pekan kedua dan mampu meraih total 72,8 juta dollar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com