Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bondan F2B Siapkan "Tak Sempurna"

Kompas.com - 12/07/2012, 14:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Bulan Ramadhan sudah di depan mata, grup musik maupun vokalis solo ramai-ramai menelurkan single religi untuk menghangatkan suasana. Begitu pula dengan grup Bondan & Fade 2 Black (Bondan F2B), yang beranggotakan Bondan Prakoso alias Mr B (bas dan vokal) bersama trio rapper Santoz, Lezano, dan Titz, mereka menyiapkan "Tak Sempurna" untuk Ramadhan.

"Single kedua dari album baru Respect & Unity For All akan masuk. Judulnya 'Tak Sempurna'," kata Bondan dalam wawancara dengan Kompas.com di Studio Orange, Kompas TV, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2012).

Seutuhnya lagu "Tak Sempurna" bukanlah lagu religi pada umumnya. "Lagunya memang agak ballad, enggak ingar bingar banget, jadi harusnya bisa nempel di segala acara (Ramadhan). Apalagi judulnya 'Tak Sempurna', masih ada benang merahnya lah (dengan religi)," kupas Bondan.

Untuk mencipta single khusus religi, Bondan tak perlu selalu berorientasi kepada bahasa lirik ketuhanan. "Enggak, gue enggak berpikir ke arah situ, ke religi yang industri. Kami secara religi enggak perlu menyebut (lirik) secara syariat atau langsung menyebut nama Tuhan. Ya, kami bicara lewat bahasa universal," paparnya.

Menurutnya, mencipta lagu dan album bernapas religi sesungguhnya memiliki tanggung jawab yang tak mudah. "Jadi, kalau lewat album religi untuk menjual sih kayaknya tidak, karena kami enggak mau menyuruh orang berbuat kebajikan tapi terus cerai atau menyuruh shalat tapi kami sendiri masih bolong-bolong. Kayaknya enggak lah. Buat gue lagu itu doa, jadi harus jujur lah. Apa yang didoakan harus positif, enggak palsu, supaya balik ke kaminya juga baik," pungkas Bondan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com