Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ariel Rekam Suara Rekan-rekannya di Rutan

Kompas.com - 18/07/2012, 19:29 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com -- Kalau sesuai dengan kabar yang menyebut bahwa Nazriel Irham alias Ariel akan bebas pada 23 Juli 2012 dari Rumah Tahanan (Rutan) Negara Klas I Kebon Waru, Bandung, berarti vokalis itu tinggal menghitung hari menuju waktu tersebut. Pada Rabu (18/7/2012), Ariel membuat rekaman suara para tahanan lain untuk melengkapi lagu berjudul "Perubahan", yang akan menjadi bagian dari album baru bandnya, yang dulu bernama Peterpan.

Di lapangan serbaguna rutan tersebut, Ariel, yang mengenakan t-shirt biru tua dan celana selutut berwarna krem, berdiri di atas sebuah bangku. Ia  menyemangati para tahanan lain untuk ikut bernyanyi bersamanya. "Saya contohin sekali ya, ooo... ooo, kitu (bahasa Sunda, artinya begitu)," serunya lantang. Para tahanan lain pun menirukan, "Ooo... ooo," itu.

Merekam suara rekan-rekan se-rutannya, Ariel tak sendirian. Pencipta dan pelantun "Dara" tersebut ditemani oleh gitaris Uki, teman segrupnya. Dengan dua laptop, Uki merekam suara para tahanan lain itu. "Sekarang yang agak tinggi (nadanya) ya. Bisa enggak? Saya contohin sekali ya," kata Ariel lagi kemudian diikuti oleh rekan-rekan se-rutannya.

David, pemain keyboard band yang sama belakangan hadir dan tak ikut dalam kegiatan di rutan tersebut. Ia menerangkan kepada para peliput bahwa lagu "Perubahan" membutuhkan suara banyak orang. "Judulnya 'Perubahan'. Lagu itu butuh suara banyak orang. Teman-teman Ariel berpartisipasi. Jadi, kami adakan di sini (rutan)," kata David.    

Sesudah rekaman itu selesai, Ariel mengucap terima kasih kepada rekan-rekan se-rutannya. "Terima kasih ya semua, mudah-mudahan bisa mendengar suaranya sendiri nanti," ujar Ariel kemudian kembali ke dalam ruang tahanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com