Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Boneka Bratz, Lady Gaga Digugat 10 Juta Dollar AS

Kompas.com - 26/07/2012, 11:52 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -- Lady Gaga dan perusahaan manajemennya digugat membayar ganti rugi 10 juta dollar AS oleh perusahaan pembuat boneka Bratz.

Perusahaan itu, MGA Entertainment, memasukkan berkas hukum mereka di New York (AS). Mereka mengatakan bahwa Gaga menyebabkan penundaan disengaja untuk rilis sebuah boneka Bratz yang menampilkan citra Gaga.

Perusahaan cenderamata tersebut menyatakan, boneka itu sedianya akan dijual dalam rangka Hari Natal 2012, tapi sang bintang pop ingin rilis boneka tersebut ditunda hingga waktu rilis album barunya, yang dijadwalkan pada 2013. Perusahaan yang bekerja sama dengan Gaga itu menyebut apa yang dilakukan oleh Gaga tersebut tak pantas.

Merujuk ke pengaduan pelanggaran kontrak yang diajukan melalui pengadilan itu, vokalis dan pencipta lagu tersebut dinilai bertindak dengan itikad buruk, dengan menahan persetujuan akhir untuk rilis boneka itu. MGA Entertainment juga menyatakan bahwa Gaga dan manajemennya ingin lebih berkonsentrasi ke pemasasaran parfumnya daripada ke boneka bikinan mereka.

Telah diperkirakan, seri boneka yang menampilkan citra Gaga itu akan menghasilkan 28 juta dollar AS untuk musim penjualan eceran dalam rangka Hari Natal 2012. Diungkapkan dalam pengaduan tersebut, kesepakatan telah terjadi antar setidaknya enam distributor, dengan pesanan dari sedikitnya 10 negara.

MGA Entertainment menyatakan juga, pihaknya telah menderita kerugian yang tak bisa diperbaiki akibat penundaan tidak masuk akal akibat permintaan mendadak dari Gaga.

Peter Lofumento, juru bicara Bravado International Group, yang menangani cenderamata Universal Music, perusahaan rekaman yang mengontrak Gaga, mengatakan, "Kami akan sungguh-sungguh membela diri di pengadilan." Sementara itu, Seorang juru bicara Gaga mengutarakan kepada  situs berita bisnis dan keuangan Bloomberg bahwa Gaga belum mengetahui pengaduan itu dan tidak memiliki tanggapan. "Ini perselisihan antara perusahaan cenderamata Universal Music Group dengan MGA," terang sang juru bicara, Amanda Silverman. "Tidak ada alasan yang sah untuk menyeret Lady Gaga ke dalam sengketa itu. Lady Gaga akan benar-benar membela diri terhadap gugatan MGA dan yakin bahwa ia akan menang," tambahnya.

Pada 2011, MGA Entertainment memenangkan ganti rugi 310 juta dollar AS dari perusahaan mainan Mattel dalam sebuah kasus mengenai siapa yang memilki hak atas Bratz. Mattel, yang membuat Barbie, boneka pesaing Bratz, telah mengajukan banding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com