Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Hirata Satu Panel dengan Peraih Pulitzer

Kompas.com - 04/08/2012, 16:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Penulis novel "Laskar Pelangi", Andrea Hirata mendapat kesempatan satu panel dengan peraih penghargaan Pulitzer, Katherine Boo dalam diskusi sastra di Byron Bay Writers Festival, Australia, baru-baru ini.

"Selain dengan Katherine Boo juga saya mendapat kesempatan diskusi dengan penulis buku hebat Schindler’s List, Tom Keneally," ujar Andrea di Jakarta, Sabtu.

Byron Bay Writers Festival merupakan festival penulis tahunan yang diselenggarakan 3-5 Agustus 2012.

Meskipun Andrea sebelumnya pernah diundang dalam beberapa festival buku di Australia, dia mengaku festival kali ini sungguh berbeda karena pembaca buku Australia mulai mengenal Laskar Pelangi. Hal itu membuat diskusi novel itu menjadi lebih menarik.

Publik Australia memberi sambutan hangat kepada novel pertamanya itu.  Andrea mengaku terkejut ternyata banyak sekali warga Australia yang telah membaca novel inspiratif itu. Bahkan dalam sesi diskusi, lebih dari seribu peserta menghadirinya. Padahal novel itu adalah versi lama yang diterbitkan Bentang Pustaka.

"Sepertinya para penggemar Rainbow Troops di Australia sudah tidak sabar menunggu versi baru novel itu yang diterbitkan oleh penerbit terkemuka Australia yaitu Random House Australia yang akan terbit pada Januari 2013."

Menurut rencana, Random House akan mendistribusikan novel itu di Australia dan Selandia Baru.

Kontrak dengan Random House, kata Andrea, menambah daftar negara yang akan menerbitkan Laskar Pelangi menjadi 23 negara. Novel itu sedang diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa.

Andrea mengaku optimistis akan masa depan dunia buku Tanah Air bisa bersaing di dunia internasional. Dia juga beryang sudah dirintisnya itu bisa menjadi permulaan bagi karya sastra Indonesia lainnya untuk merambah pembaca dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com