Kamis, 2 Oktober 2014
Penulis Skenario Film, Belum Jadi Profesi Dewi "Dee" Lestari
Penulis : Ichsan Suhendra | Kamis, 9 Agustus 2012 | 13:23 WIB
|
Share:
KOMPAS/IWAN SETYAWAN
Dewi Lestari

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis cerita sekaligus penyanyi dan pencipta lagu Dewi "Dee" Lestari Simangunsong (36) untuk kali pertama menulis skenario film. Akankah ia menambahkan bidang itu ke dalam daftar profesinya?    

Dee menulis skenario untuk Perahu Kertas, film yang mengangkat cerita Perahu Kertas, novel karyanya. Dee mengungkapkan, sejak 2001 ia telah mengikuti workshop penulisan skenario dan melahap buku-buku teori berbau screenplay. Hal itu dilakukannya untuk mempelajari bagaimana membuat skenario film yang bagus untuk "memutilasi" novelnya.

Akankah ia juga menjadi penulis skenario film? "Sejauh ini belum terpikirkan untuk nulis skenario (untuk film-film lain), karena aku masih ingin menyelesaikan (novel) Supernova," terang Dee dalam wawancara di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2012).

Untuk film Perahu Kertas, selain menulis skenarionya, Dee juga memilih sutradara dan para pemainnya, menyumbang lagu untuk soundtrack-nya, dan menjadi cameo. Semua itu dilakoninya untuk menghidupkan karakter-karakter yang ada dalam novel Perahu Kertas menjadi karakter-karakter dalam film. "Perbedaannya enggak terlalu banyak. Cuma, reduksi pasti ada. Jadi, ada pengurangan sedikit. Plot besarnya enggak ada perubahan," terangnya.

Perahu Kertas mulai "berlayar" di gedung-gedung bioskop Tanah Air pada 16 Agustus 2012. Film itu akan menjadi dua bagian, demi setia kepada kekuatan cerita yang utuh.

Editor :
Ati Kamil