Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christine Hakim dan Kemerdekaan di Morotai

Kompas.com - 25/08/2012, 08:32 WIB
MOROTAI, KOMPAS.com -- Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, artis senior Christine Hakim (56) selalu muncul. Ditemani sejumlah kru, ia sibuk mengarahkan pengambilan gambar acara itu.

Saat pawai obor dari tanah lapang belakang rumah dinas Bupati Pulau Morotai, Kamis (16/8/2012) malam, Duta Muhibah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bidang Pendidikan dan Kebudayaan (UNESCO) itu mengawasi kru yang bekerja. Namun, saat peringatan detik-detik Proklamasi di lapangan samping Pelabuhan Morotai, Christine ”turun tangan”.

Mengenakan baju bernuansa merah-putih, ia mendekati Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn, yang memimpin upacara. Ia membenahi dasi Gubernur, sebelum diwawancara dan mengajukan pertanyaan. Ia meminta sejumlah pejabat di Morotai dan Maluku Utara menjadi narasumber dan mengabadikan HUT Kemerdekaan di wilayah terluar NKRI ini.

Morotai bukan daerah asing baginya. Tahun lalu ia membuat film The Beauty of Morotai, yang menggambarkan keindahan pulau yang pernah menjadi pangkalan pasukan Sekutu di bawah Jenderal MacArthur menghadapi Jepang di Samudra Pasifik.

Film itu menjadi dukungan pergelaran Sail Morotai 2012, ajang promosi wisata serta potensi kelautan dan perikanan yang dimulai 15 September nanti.

”Ini semua untuk NKRI,” kata Christine tentang keterlibatannya dalam perayaan kemerdekaan di Morotai. ”Ini juga dukungan untuk Sail Morotai 2012,” tambahnya. (tra)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com