Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nirina Zubir: ASI Baik untuk Hindari Kanker Payudara

Kompas.com - 17/09/2012, 20:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Nirina Zubir punya cara tersendiri untuk menghindari penyakit kanker payudara. Salah satunya dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara ekslusif kepada anak keduanya, Elzo Jayden Anfaya. "Anak kedua sudah tiga bulan, masih ASI. Kalau memberi ASI itu kan juga bisa terhindar dari kanker payudara," katanya saat ditemui di Hard Rock Cafe, Jakarta, Senin (17/9/2012).

Dalam memberikan ASI, bintang film 30 Hari Mencari Cinta ini mengaku sudah punya pengalaman dengan anak pertamanya hingga tidak serepot dulu. Untuk anak keduanya kali ini, Nirina berencana memberikan ASI selama dua tahun.

Cara lain yang dilakukan Nirina adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Sebisa mungkin, kata dia, dirinya menghindari makanan cepat saji dan berlemak. Menurutnya makanan seperti itu hanya bisa dinikmati dengan singkat tapi berdampak buruk bagi tubuh. "Makanan yang junk food dikurangi, berlemak-lemak gitu. Paling tujuh detik pertama yang enak, selebihnya merusak ke badan. Mencoba hidup lebih baik dengan pola makan yang sehat," paparnya lagi.

Satu hal juga yang penting menurut Nirina, yakni jangan takut untuk memeriksakan diri ke dokter. Jika kanker payudara diketahui sejak dini tentu lebih mudah mengatasinya. "Aku memang belum cek, tapi habis ini pasti langsung cek," tekadnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com