Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewi Hughes Sesak Menghirup Asap

Kompas.com - 18/09/2012, 17:01 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Pembawa acara Dewi Hughes (41) mengaku prihatin terhadap kabut asap yang muncul di beberapa daerah di Indonesia. Dewi sendiri sempat merasakan sesaknya menghirup asap saat berkunjung ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

"Bisa ya di negeri yang katanya gemah ripah loh jinawi dan sumber daya alamnya melimpah tapi ada musibah seperti kabut asap," katanya.

Dewi saat dihubungi dari Palangkaraya, Selasa (18/9/2012), mengatakan, keprihatinannya semakin bertambah melihat sikap masyarakat yang kurang peduli. "Asap disebabkan kebakaran lahan. Tapi, di Palangkaraya saja saya lihat ada warga yang membakar sampah di depan rumah atau membuang puntung rokok sembarangan," paparnya.

Dewi berkunjung ke Palangkaraya untuk menghadiri Hari Aksara Internasional ke-47. Saat hendak kembali ke Jakarta, ia sempat mencium tajamnya bau asap ketika berjalan dari ruang tunggu Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya menuju pesawat.

Di dalam pesawat yang dipenuhi rombongan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu, riuh rendah suara penumpang yang terbatuk-batuk menggema. Untungnya, Dewi menguasai latihan pernapasan sehingga tidak ikut tersiksa.

Meski demikian, ia merasakan peristiwa itu sebagai pengalaman yang sangat seru. "Tapi, saya juga prihatin. Kesehatan masyarakat harus diperhatikan. Mereka perlu disadarkan dengan cara kreatif agar tidak membakar lahan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com