Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Termuda di Dunia Hadir di Kompas TV

Kompas.com - 18/09/2012, 20:16 WIB
Buyung Wijaya Kusuma

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wali kota termuda di dunia, Bashaeer Othman, membagi pengalamannya menjadi orang nomor satu (wali kota) Allar, di Tepi Barat, Palestina, dalam program talk show KataKita yang ditayangkan malam ini, Selasa pukul 22.00 WIB, di KompasTV.

Dalam acara yang dipandu Timothy Marbun, gadis berusia 15 tahun ini memberikan inspirasi bagi tokoh muda Indonesia.

Dalam program KataKita, Bashaeer menceritakan pengalamannya selama dua bulan penuh menjadi wali kota Allar, di Tepi Barat, Palestina. Dia berbagi kisah saat merencanakan pembangunan taman  hingga perpustakaan, termasuk melayani berbagai keluhan warga.

Dalam obrolan hangat dan santai, Timothy mengajak Bashaeer untuk duduk berbincang. Bashaeer pun menceritakan pengalamannya mendapatkan kepercayaan diri untuk menjembatani berbagai permasalahan yang ada di Kota Allar.

Bashaeer memahami bahwa kaum muda, tak hanya di Palestina, di Indonesia, dan di mana pun, saat diberikan kesempatan dan kepercayaan diri untuk melakukan sesuatu yang besar, mereka pasti mampu melakukannya.

Usia 15 tahun merupakan usia yg masih sangat belia, di mana kebanyakan anak seusia mereka tidak peduli terhadap isu politik dan pemerintahan. Namun, Bashaeer memiliki pandangannya sendiri bahwa bila kita semua memiliki rasa tanggung jawab maka sepatutnya kita semua berpartisipasi. "Muda tidak berarti kita tidak peduli, tetapi di sini ada proses pembelajaran untuk mengenal tantangan, dan solusinya," tutur gadis pintar ini.

Bashaeer mungkin hanya salah satu cerita kaum muda yang terjun ke dalam dunia politik dengan penuh rasa percaya diri untuk membangun negaranya. Oleh karena itu, Timothy Marbun akan mencari tahu seberapa aware anak muda kita dalam partisipasinya terhadap isu-isu poltik yang sedang hangat bersama tamu-tamu program KataKita lainnya.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com