Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedubes AS Dilempari Telur Busuk

Kompas.com - 19/09/2012, 17:48 WIB
Adri Prima

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Massa dari Pandu Keadilan yang melakukan aksi memprotes film Innocence of Muslims, melempari Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan, dengan telur busuk. Petugas yang berjaga-jaga di depan Kedubes hanya melihat aksi tersebut.

Selain melempar telur, para demonstran juga melakukan seremonial dengan menyobek bendera Amerika Serikat. Pagar Kedutaan Besar AS pun terlihat kotor akibat lemparan telur busuk tersebut.

Saat pelemparan telur berlangsung, puluhan polisi dari satuan Polsek Gambir tidak melakukan apa-apa.

Setelah membakar bendera dan melempari Kedubes AS dengan telur busuk, sekitar pukul 16.00 WIB, para demonstran pun meninggalkan lokasi dengan tertib. Jalan Medan Merdeka Selatan yang tadinya sempat tersendat kembali lancar.

Kedubes AS menjadi tempat para pengunjuk rasa yang keberatan dengan film Innocence of Muslims, karya sutradara Amerika Serikat. Pada Senin (17/9/2012) lalu, Forum Umat Islam mengerahkan ribuan anggotanya berunjuk rasa di depan Kedubes.

Sayangnya, unjuk rasa itu ternoda dengan aksi anarkis para demonstran yang melempari polisi dengan bom molotov, batu, dan kayu. Untuk memukul mundur mereka, polisi sampai menembakkan gas air mata dan water cannon.

Berita terkait reaksi film Innocence of Muslims juga dapat diikuti dalam topik: Innocence of Muslims.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com