Minggu, 21 September 2014
Buntut Film Anti-Islam, Iran Boikot Oscar 2013
Kamis, 27 September 2012 | 23:08 WIB
|
Share:
Josephus Primus
Beberapa film Iran seperti yang menjadi unggulan pada Festival Film Republik Islam Iran pada Jumat (9/3/2012) sampai dengan Senin (12/3/2012) di Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail (PPHUI) Jakarta. Film-film tersebut sudah mengalami proses sulih suara.

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Iran dipastikan tidak akan mengikuti lagi pergelaran terbesar dunia perfilman, Academy Awards atau dikenal juga dengan nama Oscar pada tahun 2013 mendatang.

Keputusan tersebut diambil sebagai bentuk protes terhadap film anti-Islam Innocence of Muslims yang dibuat di Amerika Serikat. "Terlebih karena gagalnya institusi sensor Amerika dalam menyensor film itu," ujar Menteri Agama dan Kebudayaan Iran Mohammad Hosseini kepada kantor berita ISNA.

Dia mengimbau negara Islam lainnya mendukung aksi boikot penghargaan film terbesar dunia itu.

Negara yang dipimpin Ahmadinejad ini sebenarnya sudah menunjuk film drama komedi A Cube of Sugar untuk berkompetisi dalam Oscar 2013.



Film ini pertama kali ditayangkan pada Festival film Montreal dan pernah tampil pada screening film Festival Film Busan di Korea Selatan.

Menurut rencana, Akademi Seni Perfilman Oscar akan mengumumkan nominasi untuk kategori film berbahasa asing terbaik pada 10 Januari 2012, sementara Oscar 2013 akan diadakan pada 24 Februari 2013.


Pada Oscar 2012, Iran memenangi penghargaan terbaik kategori Film Berbahasa Asing Terbaik untuk film drama A Separation.

Sumber :
ANT
Editor :
Eko Hendrawan Sofyan