Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppie Andaresta: Bagai Gayung Bersambut

Kompas.com - 14/10/2012, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Oppie Andaresta (39) piawai mengocok perut penonton pentas komedi. Di pentas Maling Kondang, berperan sebagai Emak si Malin, penyanyi yang lahir dan besar di Jakarta itu lancar bercakap dan melucu dalam dialek Minang.

"Itu hasil ngebut berlatih dua hari. Kami cuma diberi naskah dan disuruh mengembangkan dialog sendiri. Dulu saya berlatih di Bengkel Teater Rendra, berlatihnya bisa dua bulan. Ini gila banget...," kata Oppie.

"Untungnya, orangtua di rumah biasa berbicara dalam logat Minang, dan saya masih ingat. Biar lancar, selama dua hari terakhir tiap orang saya sapa, 'Ba'a kaba?' Ketemu orang Jawa pun saya sapa, 'Ba'a kaba?'," tutur Oppie terbahak.

Lebaran lalu ia sempat bersedih karena tak mudik ke Lubuk Aluang di Padang Pariaman, hingga ia menumpahkan kerinduannya lewat status dalam akun Facebook-nya. "Tiba-tiba saya ditelepon kawan, diminta terlibat dalam Saluang Concerto. Tiba-tiba diajak ikut main Maling Kundang. Kalau kata orang Minang, itu seperti gayuang basambuik. Ingin, rindu, akhirnya kesampaian," ujar Oppie selesai pentas pertamanya, Jumat (13/10/2012).

Maling Kondang menjadi pentas pertamanya setelah turun panggung teater sejak 2005. Malam itu, Oppie juga menyanyikan dua lagu yang melambungkan namanya, "Cuma Khayalan" dan "Single Happy". Penonton pun turut berdendang bersama Oppie, seperti gayuang basambuik. (ROW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com