Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Nikah, Eddies Adelia Pilih Kebaya Muslim Jawa Modern

Kompas.com - 14/10/2012, 17:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Eddies Adelia tak mau melepas identitas Jawa-nya saat melangsungkan pernikahannya dengan pengusaha Ferry Setiawan pada akhir Oktober 2012. Karena itu, Eddies memilih kebaya muslim Jawa modern.

"Temanya, karena saya orang Jawa, ibu saya orang Jawa, dan calon suami saya Jawa-Sunda, jadi kami ambil tengahnya saja, Jawa. Ini untuk melestarikan adat Jawa, jadi pakemnya Jawa," kata perempuan bernama lahir Ronia Ismawati Nur Azizah ini ketika mengepas kebaya pernikahannya di butik Djoko Sasongko, Gang Barkah, Jalan Dr Saharjo, Jakarta Selatan, Minggu (14/10/2012).

Ditangani oleh perancang kebaya Djoko Sasongko, kebaya pernikahan Eddies menjadi tampak anggun. Eddies merasa Djoko tahu apa yang diinginkannya.

"Pilihan saya ke Mas Djoko karena saya sudah berteman lama. Dia sudah tahu aku suka kebaya Jawa yang modern. Karena kebetulan Mas Joko orang Surabaya, beliau gambar sendiri, jadi nanti pas di hari bersejarahku aku tampil dengan kebaya muslim Jawa yang modern," terang Eddies.

Eddies, yang kini berhijab, merasa puas dengan rancangan kebaya modern yang bisa dikenakan pada upacara adat itu. "Menggunakan adat pakem Jawa, tapi muslim. Dengan saya berhijrah dengan busana yang hijab ini, tidak menghalangi saya untuk adat Jawa," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com