Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Alasan Jokowi Sering 'Blusukan'?

Kompas.com - 28/10/2012, 12:52 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2015, Joko Widodo tak henti-hentinya melakukan inspeksi ke lapangan alias 'blusukan'. Banyak tempat sudah ia kunjungi, mulai dari pemukiman kumuh dan padat penduduk, kantor-kantor pelayanan masyarakat, taman kota, dan tempat lain yang menjadi kantong-kantong kemacetan, serta lokasi banjir.

Saat ditanyai mengenai alasannya melakukan kunjungan setiap hari, Jokowi hanya menjelaskan secara sederhana. Diakuinya, semua ia lakukan guna melihat permasalahan secara langsung dan sebagai upaya untuk memberi tambahan semangat bagi jajaran di bawahnya. 

"Yang jelas untuk menguasai masalah dan memberikan spirit pada semua untuk menyelesaikan masalah. Termasuk pada camat dan lurah," jawab Jokowi di Gedung Balai Kota Jakarta, Minggu (28/10/2012).

Selain itu, kata Jokowi, meninjau lokasi secara langsung juga dilakukan untuk mencegah pejabat-pejabat di bawahnya yang memberikan laporan tidak sesuai fakta. Di bawah kepemimpinannya, semuanya harus bekerja secara bersama dengan menyentuh langsung titik permasalahan. "Kalau saya nggak turun nanti laporannya baik-baik saja, padahal situasi di lapangan sangat bisa lain," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com