Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jupe Dapat Gelar Nyai Intan Garinda

Kompas.com - 06/11/2012, 19:43 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com-  Aktris, penyanyi, dan model iklan Julia Perez  mendapatkan gelar saat berkunjung ke Kalimantan Tengah. Gelar Nyai Intan Garinda diperoleh saat figur yang akrab disapa Jupe itu melakukan pengambilan gambar di Desa Tumbang Manggu, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Ketua Presidium Lembaga Musyawarah Masyarakat Dayak Daerah Kalteng, M Usop di Palangkaraya, Kalteng, Selasa (6/11/2012), menjelaskan, ia sempat bertemu Jupe, pekan lalu. "Sebelum ke Katingan, Jupe dan rombongannya singgah ke rumah saya. Rombongan terdiri dari 12 orang," katanya.

Selanjutnya, mereka pergi ke Katingan menggunakan mobil dengan lama perjalanan sekitar lima jam dari Palangkaraya. Kunjungan Jupe dilakukan untuk pembuatan film berjudul Perawan Dayak. Lokasi pengambilan gambar terletak di hulu Sungai Katingan.

Setelah itu, Usop mendapatkan salinan mengenai piagam yang berisi penjelasan bahwa Jupe telah mendapatkan gelar. Menurut Usop, gelar itu diberikan damang atau tokoh adat di Desa Tumbang Manggu. Namun, Usop tak mengenal dan mengetahui nama damang tersebut.

Dalam piagam, tercantum cap dan tanda tangan damang serta beberapa saksi. Pengambilan gambar dilakukan dua hingga tiga hari. "Kalau cerita filmnya, saya belum tahu," kata Usop.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com