Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu "Gangnam Style" Raih "Double Platinum" di AS

Kompas.com - 14/11/2012, 12:10 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -- Psy kembali menyabet prestasi setelah merajai YouTube dengan klip video lagu "Gangnam Style"-nya. Kali ini, bukan klip video menghibur itu yang dinobatkan dengan prestasi, melainkan lagunya sendiri. Dengan fenomena "Gangnam Style", lagu tersebut berhasil melampaui 2.000.000 penjualan digital sehingga dianugerahi double platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA) di AS.

Memang, demam "Gangnam Style", yang dibawakan oleh artis musik Korea Selatan Psy, hingga kini sama sekali belum menunjukkan tanda-tanda akan hilang dari orang-orang yang telah tertular tari menunggang kuda itu sejak dirilis pada 15 Juli 2012. Tidak memakan waktu lama, klip video lagu "Gangnam Style" mencetak rekor dunia menjadi video yang paling banyak di-"like" dalam sejarah YouTube, mengalahkan klip video lagu "Party Rock Anthem" dari LMFAO.

Justin Bieber pun tengah dikejar oleh Psy. Saat ini, klip videonya masih menduduki posisi kedua video yang paling banyak ditonton di YouTube. Membawa Hallyu Wave atau gelombang Hallyu, dari Korea Selatan, Psy pun menghiasi televisi-televisi internasional.

Dalam acara mana pun yang didatangi oleh Psy, ada saja artis internasional yang akan diajarinya menari dengan gaya menunggang kudanya yang sudah menjamur di seluruh dunia. Britney Spears, Ellen Degeneres, bahkan mahasiswa-mahasiswa Universitas Oxford, diajarinya. Acara-acara televisi seperti Saturday Night Live, The Today Show, dan The X-Factor pun didatanginya. Berkeliling dunia tidak membuat Psy kesulitan berbahasa Inggris karena dirinya pun memang sempat kuliah di universitas-universitas di AS.

Tidak cukup menjajah YouTube dan televisi, Psy dan "Gangnam Style"-nya juga menjadi sampul majalah Billboard dan masuk dalam majalah-majalah terkemuka seperti Time, Newsweek, Rolling Stone, Entertainment Weekly, New York Times, L.A. Times, GQ, People, Maxim, dan masih banyak lagi.

Klip videonya menjadi Best Video dalam ajang MTV Europe Music Awards 2012, Psy tampil bersama David Hasselhoff, aktor dan penyanyi asal AS. Dengan berlatar belakang ribuan gambar kartun Psy yang ikut menari, pemilik nama asli Park Jae Sang ini mengguncang panggung Frankfurt (Jerman) tersebut bersama para penari latarnya. Selain tampil dalam MTV Europe Music Awards 2012, Psy juga dipastikan akan hadir dalam Dancing with the Stars dan American Music Awards.

Dengan prestasi, rekor, dan kesibukan Psy di pasar global, sepertinya dunia harus siap untuk menyambutnya sebagai bintang dunia. Atau, jangan-jangan. sekarang pun ia sudah menjadi seorang bintang dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com