Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naskah Film tentang Steve Jobs Direncanakan Akan Diubah

Kompas.com - 17/11/2012, 20:00 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Penulis naskah film peraih piala Oscar Aaron Sorkin menyampaikan rencananya untuk mengubah naskah film mengenai Steve Jobs dengan cara penulisan narasi yang tidak lazim.

Sorkin mengatakan, ia bermaksud menulis hanya tiga bagian dalam film ini. Ia mengatakan pula, setiap bagiannya berdurasi setengah jam.

Jobs, salah seorang penemu Apple, meninggal pada 5 Oktober 2011. Dua hari kemudian, Sony Pictures membeli hak cipta biografinya sebelum diterbitkan. Situs film Deadline, yang membocorkan berita itu, menyebutkan bahwa pembelian hak cipta itu menghabiskan dana 1 juta dollar AS sampai 3 juta dollar AS.

Sebelumnya, Sorkin menulis naskah untuk film The Social Network, yang merupakan adaptasi perjalanan hidup dari penemu Facebook Mark Zuckerberg. Karena itulah Sorkin menjadi pilihan yang tepat untuk penulis naskah film tentang Jobs tersebut.

Meskipun film ini berdasar pada biografi Jobs, yang ditulis oleh Walter Isaacson, Sorkin memilih untuk melakukan pendekatan berdasar risetnya sendiri. "Saya bertemu dengan semua orang yang terlibat dalam kehidupan Steve, dari (penemu Apple lainnya) Wozniak dan setiap orang yang berada di sekitar Macintosh," kata Sorkin dalam sebuah video yang dipublikasi secara online oleh situs berita The Daily Beast. "Jadi, saya telah bertemu dengan orang-orang yang selama ini memuja dia. Meskipun faktanya dia telah membuat mereka semua menangis pada satu poin atau poin yang lain, doa telah membuat mereka lebih dari melakukan sesuatu dibandingkan sebelumnya," sambungnya.

Sorkin menambahkan bahwa rencananya itu akan difokuskannya kepada masa sebelum peluncuran komputer Macintosh dan masa selama Jobs berada di Next Computer. Ia mengatakan pula tidak berencana untuk "memotong waktu", memilih untuk tak memisahkan waktu persiapan peluncuran ke kilas balik peristiwa yang lain. Bagaimana pun, ia memberi sinyal akan ada elemen lanjutan dalam akhir film ini: sebuah versi iklan televisi pertama Apple Think Different.

Berpikir berbeda
Pendekatan Sorkin sangat berbeda dari biografi yang dibeli oleh Sony, yang memberi gambaran secara luas mengenai kehidupan Jobs dan tidak memberi perhatian kepada menit-menit peluncuran produk.

Film yang akan dibintangi oleh Ashton Kuchter ini akan dibuat oleh studio (perusahaan film) independen.

Asisten editor majalah Empire Ian Freer, mengatakan tertarik kepada pendekatan Sorkin itu. "Itu akan membuat proporsi yang menarik," kata Freer kepada BBC. "Akan sangat mudah hanya mengambil bagian hidupnya, tetapi kelihatanya sangat menantang, seperti pendekatan sebuah novel," katanya lagi.

Sementara itu, mengenai munculnya Bill Gates dalam film ini, belum ada yang bisa memastikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com