Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kain Tenun dan Ulos untuk Pernikahan Olla Ramlan Sudah Selesai

Kompas.com - 18/11/2012, 15:35 WIB

MEDAN, KOMPAS.com -- Perajin ulos Torang Sitorus baru saja menyelesaikan kain tenun dan ulos ragi hotang yang akan dikenakan pada pernikahan pembawa acara yang juga artis peran Olla Ramlan dengan Aufar Hutapea.

Kain tenun itu merupakan karya kedua yang ia buat untuk keluarga Hutapea. Untuk Olla, kain tersebut akan dipadukan dengan kebaya karya perancang kebaya Anne Avantie.

Dalam karya terbarunya, Torang seperti biasa menunjukkan identitasnya sebagai perajin ulos yang menabrak pakem. Untuk acara akad nikah Olla-Aufar, yang akan diadakan di Jakarta pada 16 Desember 2012, Torang membuat kain tenun untuk sarung berwarna silver.

"Sewaktu rapat bersama pengantin dan keluarganya, Olla bilang dia ingin ciri khas Batak terasa dalam akad nikahnya. Tapi, dia mau kesannya tetap modern," kata Torang, yang ketika dihubungi pada Sabtu (17/11/2012) sedang berada di Bali untuk sebuah pameran.

Torang mengatakan pula, Olla meminta agar kain yang akan dikenakan oleh kedua pengantin dan keluarga cenderung putih, mengikuti kebiasaan busana pernikahan nasional dan internasional. Selebihnya, Olla memercayakan penanganannya kepada Torang.

Setelah beberapa kali gagal mendapatkan warna perak yang diinginkan selama dua bulan pengerjaan bersama para penenun di Tarutung dan Porsea (Sumatera Utara), akhirnya 10 kain tenun pun rampung. Ulos ragi hotang, yang akan diserahkan keluarga kepada pengantin, juga sudah selesai dan tinggal dikirim ke Jakarta. (ton/Rachmat Hidayat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com