Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Nyanyian, Opick "Menembus" Kremlin

Kompas.com - 19/11/2012, 21:30 WIB

MOSKOW, KOMPAS.com -- Penyanyi dan pencipta lagu religi asal Indonesia Opick telah "menembus" Kremlin di Moskow, Rusia, dengan tampil dalam sebuah konser bertajuk In the Circle of Friends, Minggu (18/11/2012) waktu setempat. Siaran pers KBRI di Moskow, yang diterima Antara di Jakarta pada Senin (19/11/2012) WIB, menyebutkan bahwa nyanyian Opick telah memukau para penonton di gedung pertunjukan The State Kremlin Palace, yang menjadi tempat konser itu.

Konser tersebut diawali dengan penayangan sinar laser yang membentuk gambar-gambar peta Rusia; Mekkah; Moskow; peta dunia; nama negara-negara peserta konser, termasuk Indonesia; masjid; Kabah; orang yang sedang shalat; hingga ayat-ayat Al-Quran. Semua itu menyelimuti seluruh ruang pertunjukan. Pada saat nama Opick disebut, sinar laser menggambarkan peta Indonesia dan bendera Merah Putih.

Di hadapan kira-kira 5.000 penonton yang memenuhi gedung pertunjukan itu, nada-nada Islami Opick menggema. Dengan mengenakan gamis dan sorban khasnya, penyanyi yang memiliki nama asli Ainur Rofiq Lil Firdaus ini memersembahkan lagu-lagu nasyid.

Konser di jantung ibu kota Rusia tersebut diselenggarakan oleh Dewan Mufti Rusia dalam memperingati Idul Adha 1432 Hijriah. Ketua Dewan Mufti Rusia, Shaikh Ravil Gaynutdin, dalam sambutan pembukaannya menyatakan, konser itu merupakan bagian dari upaya mengenalkan nilai-nilai Islami kepada masyarakat setempat. Selain itu, konser tersebut juga bertujuan untuk menebar pesan perdamaian.

Opick membuka konser itu dengan memersembahkan lagu "Ya Hannan Ya Mannan" dan menutupnya dengan lagu "Tafakur". Begitu Opick mengakhiri lagunya, Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Djauhari Oratmangun, langsung menghampiri Opick di panggung dan menyerahkan Kitab Suci Al-Quran dalam Bahasa Rusia dan sebuah peci khas Tatarstan sebagai ungkapan terima kasih.

Selain Opick, artis-artis nasyid asing lainnya yang diundang untuk memeriahkan konser tersebut adalah kelompok Meradzhe Boshehr dari Iran dan grup Adam-Karabakh dari Turki. Tampil pula artis-artis nasyid dari Azerbaijan dan Uzbekistan.

Konser itu dimeriahkan juga oleh sederet artis musik terkenal dari berbagai wilayah Rusia, seperti Moskow, Tatarstan, Chechnya, Dagestan, Bashkortostan, dan Kabardino-Balkaria. Mereka, antara lain, Renat Ibragimov, Zohra Sahabieva, Alaudin Esmurziyev, Naila Fatehova, dan kelompok Buranovskie Grandmothers, pemenang kedua kontes nyanyi Eurovision 2012.

The State Kremlin Palace merupakan salah satu gedung pertunjukan bersejarah, terbaik, terbesar, dan bergengsi di Rusia. Selain untuk konser, gedung yang dibangun pada 1961 itu digunakan pula untuk pertunjukan-pertunjukan besar lainnya, seperti balet, opera, dan peragaan fashion. Artis-artis musik legendaris dunia yang pernah manggung di situ, antara lain, Whitney Houston, Luciano Pavarotti, Eric Clapton, Gypsy Kings, Bryan Adams, dan Julio Iglesias. (ANT/AA Ariwibowo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com