Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calvin Jeremy Jenuh akan John Mayer

Kompas.com - 21/11/2012, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebagai pencipta lagu untuk nyanyiannya sendiri, vokalis Calvin Jeremy (21) mengaku memerlukan banyak inspirasi. Baginya, artis-artis musik internasional seperti Stevie Wonder, George Benson, Wouter Hamel, dan The Beatles merupakan sumber inspirasi.

"Inspirasi bisa datang dari mana saja. Kalau musiknya, bisa terinspirasi dari musisi lain seperti Stevie Wonder, George Benson, atau Wouter Hamel dari Belanda, yang membantu inspirasi gue membuat album kedua gue, yang termasuk single 'Berdua' ini," kata Calvin usai mengisi acara musik Showcase di Studio Orange, Kompas TV, Jakarta, Selasa (20/11/2012). "Gue juga terpengaruh sama The Beatles. Gue bisa belajar pecah suara," kata Calvin lagi. "Terus, Stevie Wonder yang manis ambil nadanya," lanjutnya.

Namun, Calvin tak memasukkan John Mayer ke dalam daftar artis internasional yang menjadi sumber inspirasi baginya. "Gue menemukan satu titik jenuh sih, karena sekarang orang (vokalis kebanyakan) look up-nya ke John Mayer dan ingin menjadi seperti John Mayer, dan yang kedua kalau gue seperti itu nanti musik gue akan seperti dia. Nah, gue enggak mau seperti itu, gue punya style sendiri," jelas Calvin.

Calvin justru menelusuri, siapa artis musik yang menjadi sumber inspirasi bagi Mayer. "Orang sekarang sukanya John Mayer, tapi dia juga pasti terinspirasi sama musisi yang lama. Jadi, gue mencoba mencari ke roots-nya langsung, siapa di belakang John Mayer. Misalnya, 'Oh dia ternyata terinspirasi Stevie Ray Vaughan', terus gue cari lagi Stevie Ray Vaughan terinspirasi dari siapa," paparnya.

Bagi Calvin, dengan terinspirasi bukan berarti ia meniru sumbernya. "Tapi, bukan berarti gue akan menjadi dia. Gue hanya meng-combine untuk menjadi seorang Calvin Jeremy," tekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com