Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar Bungkam soal Harta Kekayaan

Kompas.com - 21/11/2012, 16:20 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bakal calon wakil gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar enggan mengungkap nilai harta kekayaannya yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (21/11/2012). Deddy malah berseloroh kalau di rekeningnya ada uang Rp 6,6 triliun.

"Ternyata saya kaget juga tuh, ternyata di rekening saya ada Rp 6,6 triliun. Mungkin Bank Century ada di situ. Kucuran Bank Century nyasar ke rekening saya," kata Deddy di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, seusai melaporkan harta kekayaannya.

Pelaporan harta kekayaan ini merupakan salah satu syarat untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Jabar 2013. Saat didesak berapa nilai harta yang dilaporkannya, Dedy tetap menolak mengungkapkan. Dia mengatakan masih ada tambahan-tambahan yang belum selesai dilaporkan.

"Ternyata harus yang terakhir yah, bukan saat kita bayar pajak. Jadi, yang terakhir dan beberapa tanah, misalnya, belum ada pajak bumi dan bangunannya (PBB) segala macam," tutur aktor senior ini.

Mendengar jawaban Deddy ini, para pewarta pun tidak patah arang. Mereka kembali bertanya berapa nilai harta yang dilaporkan. "Nanti lihat saja karena masih ada tambahan-tambahan," jawab Deddy lagi.

Setelah itu, wartawan bertanya kembali, dan Deddy pun kembali menyampaikan jawaban senada. "Nanti, kalau saya kira-kira, masih banyak yang harus dilengkapi. Masih banyak yang belum, ada yang harus dilengkapi, banyak yang perlu diperbaiki," kilahnya. "Masih belum, masih banyak yang perlu diperbaiki. Nanti, kalau saya ngomong salah, sebentar lagi akan resmi nanti," ujar Deddy lagi.

Meskipun demikian, Deddy akhirnya menjawab kalau nilai harta yang dilaporkannya ke KPK itu tidak lebih dari Rp 1 triliun. Adapun Deddy akan mendampingi bakal calon gubernur Ahmad Heryawan. Pilkada Jawa Barat kali ini diramaikan lima pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

Selain Deddy dan Ahmad Heryawan, mereka yang mendaftar adalah Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, Dede Yusuf-Lex Laksamana, Dikdik Mulyana Arief Mansyur-Cecep Nana Suryana Toyib, dan Irianto MS Syafiuddin alias Yance-Tatang Farhanul Hakim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com