Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dialog di Atas Pentas ala Idang-Mus Mujiono

Kompas.com - 26/11/2012, 08:00 WIB

BANGKA, KOMPAS.com -- Pertunjukan atraktif tak selamanya harus menjadi tontonan yang memanjakan mata. Seperti di Jazz On The Beach, duo musisi ternama Idang Rasjidi (keyboard) dan Mus Mujiono (gitar), mampu memberi edukasi jazz ala mereka di luar aksi panggung keduanya saat menghibur penonton yang memadati Marina Bay, Parai Beach Resort & Spa, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (23/11/2012) lalu.

Seperti misalnya saat Idang dan Mus asyik berdialog dengan bahasa musik. Idang dengan gesit menantang Mus untuk meniru setiap bunyi-bunyian alat musik yang tercipta dari mulutnya dengan teknik sketch. Mus pun dengan sigap menyambut bunyi-bunyian tersebut lewat permainan gitar berteknik bebop atau beat bop saat keduanya mengisi bagian improvisasi komposisi musik 'Moody's Mood for Love'.

"Jadi gini, inilah yang disebut dialog. Kami berbicara dalam bahasa musik. Yang saya lakukan itu disebut sketch, lalu dibalas dengan improvisasi oleh Nono (biasa Mus dipanggil). Dia memainkan improvisasi beat bop tapi mood-nya pendek-pendek," jelas Idang di atas panggung.

Menurut lelaki yang sudah 42 tahun berkarya ini, dialog musik seperti demikian hanya berlaku untuk musik jazz yang digelutinya. "Beginilah jazz, dia tidak mengenal lirik, terbuka untuk musik apapun. Hanya ada yang seperti ini di jazz," ungkap Idang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com