Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maestro Sitar Ravi Shankar, Ayah Norah Jones, Meninggal Dunia

Kompas.com - 12/12/2012, 21:59 WIB

SAN DIEGO, KOMPAS.com — Maestro sitar India, Ravi Shankar, meninggal dunia dalam usia 92 tahun di San Diego (California, AS) pada Selasa (11/12/2012) waktu setempat. Shankar dirawat di sebuah rumah sakit di San Diego sejak minggu lalu karena gangguan pernapasan.

Shankar, yang membantu mengenalkan musik India ke dunia, tampil dalam pergelaran rock Woodstock pada 1967 dan festival Monterey Pop. Dua anaknya, pemain sitar Anoushka Shankar dan penyanyi peraih penghargaan Grammy Norah Jones, juga merupakan artis-artis musik yang diakui dunia.

Perdana Menteri India Manmohan Singh menyebut Shankar sebagai, "Harta nasional dan duta besar warisan budaya India untuk dunia."

Shankar memopulerkan sitar dan mendapat pengakuan internasional melalui pertemanannya dengan mendiang George Harrison, gitaris The Beatles. Ia juga membuat lagu tema sejumlah film, antara lain trilogi Apu karya Satyajit Ray (1951-1955) dan Gandhi karya Richard Attenborough (1982), serta bekerja sama dengan komposer AS Philip Glass untuk film Passages pada 1990.

Kenangan dengan Jimi Hendrix
Harrison mengatakan bahwa Shankar membentuk musik dunia. Ia juga bekerja sama dengan pemain biola Yehudi Menuhin dan pemain saksofon jazz John Coltrane.

Berbicara di usia senja mengenai pengalamannya di Monterey Pop, Shankar mengatakan bahwa ia, "Terkejut melihat orang-orang berpakaian dengan sangat flamboyan."

Dalam wawancara dengan majalah Rolling Stone, ia mengaku sangat terkejut melihat Jimi Hendrix, yang kini telah tiada, membakar gitar di panggung. "Hal itu terlalu mengejutkan untuk saya. Dalam budaya kami, kami menghormati alat musik," kata dia.

Pada 1999 ia dianugerahi penghargaan sipil tertinggi di India, yaitu Bharat Ratna atau Permata India.

Lahir dari keluarga keturunan Bengal di kota kuno India, Varanasi, Shankar awalnya menari dengan kelompok tari saudara lelakinya. Ia berhenti menari dan mempelajari sitar pada usia 18 tahun.

Selama tujuh tahun Shankar belajar kepada Baba Allaudin Khan, pencipta gaya musik klasik Hindustan Maihar Gharana, dan dikenal di India karena keahliannya bermain sitar.

Dalam tahun-tahun terakhir hidupnya, Shankar tinggal di Encinitas, California, dengan istrinya, Sukanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com