Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fariz RM Tak Terpikir Ulang Kesuksesan

Kompas.com - 17/12/2012, 22:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Jika dibandingkan dengan penjualan album fisik Barcelona, album Fenomena yang menjadi karya termutakhir musisi dan vokalis kawakan Fariz RM, ini memang masih jauh dari kesuksesan albumnya terdahulu.

"Memang dulu sama sekarang kondisinya berbeda. Kalau dulu Barcelona bisa sampai 3,7 juta kopi. Kalau sekarang Fenomena sementara penjualannya sudah sampai 50.000 kopi," papar Fariz saat berbincang dengan Kompas.com di d'Consulate Resto, Jalan Jaksa, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2012).

Meski begitu ia tetap senang. Di tengah masih maraknya aksi pembajakan di negeri ini, penjualan album barunya tersebut lumayan menjanjikan. Fariz mengklaim  album Fenomena tetap laku di pasaran. "Justru yang album Fenomena ini luar biasa, penjualan terbanyak secara fisik untuk album yang harganya cukup mahal, Rp 260 ribu per album," tekannya.

Meski demikian, Fariz tetap berpikir realistis bahwa Fenomena tak akan bisa mengulang sukses Barcelona. Toh, kondisinya pun sangat berbeda. Dia hanya menyerahkan sepenuhnya kepada pendengarnya.

Hal ini pun sejalan dengan filosofi pria bernama lengkap Fariz Rustam Munaf itu dalam berkarya. "Saya enggak pernah mengulang. Main (musik) dengan  aransemen yang sama saja saya enggak pernah," papar Fariz. "Biarkan saja, nanti akan ada feedback yang spontan dari pendengarnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com