Olivia Culpo Dinobatkan Jadi Ratu Sejagat - Kompas.com

Olivia Culpo Dinobatkan Jadi Ratu Sejagat

Kompas.com - 20/12/2012, 12:30 WIB

LAS VEGAS, KOMPAS.com -- Olivia Culpo (20) dari AS, memenangi kontes kecantikan Miss Universe 2012. Ia mengalahkan pesaingnya Miss Filipina Janine Tugonon.

Miss Universe 2011 Leila Lopes dari Angola memasang tiara untuk Culpo di Planet Hollywood Casino, Las Vegas, pada Rabu (19/12/2012) atau Kamis pagi waktu Indonesia.

Runner up kedua tahun ini adalah Miss Venezuela Irene Quintero. Gelar Miss Congeniality atau Putri Persahabatan diraih Miss Guetamala.
 
Tahun ini kontes diikuti 89 peserta dari enam benua.

Indonesia mengirim Putri Indonesia Maria Selena. Sayang, Maria gagal lolos ke babak 16 besar. Tetapi ia termasuk dalam 10 besar kategori kostum nasional terbaik dengan kostum bertema Garuda berwarna dominan merah dan putih.

Prestasi terbaik Indonesia dalam kontes ini adalah pada 2005 ketika Putri Indonesia Artika Sari Devi berhasil masuk 15 besar.

Culpo adalah Miss AS pertama yang meraih gelar Miss Universe sejak 1997. Kontestan AS terakhir yang berjaya di ajang ini adalah Brook Lee.

Acara Miss Universe disiarkan secara langsung oleh jaringan televisi NBC dan disaksikan di lebih dari 100 negara.

Pembawa acara yang terpilih tahun ini adalah Andy Cohen dari Bravo Network dan Giuliana Rancic dari jaringan televisi berita hiburan E!News.

Panel juri terdiri dari 10 orang dari berbagai layar belakang termasuk penyanyi Cee Lo Green, bintang 'Iron Chef' Masaharu Morimoto dan fotografer Nigel Barker, mantan juri America's Next Top Model.

Panitia Miss Universe sebelumnya mengatakan tertarik dengan kota Punta Cana di Republik Dominika sebagai lokasi kontes tahun depan namun krisis finansial negara itu membuat mereka memikirkan opsi-opsi lain.

Pemenang kontes ini mendapat berbagai hadiah termasuk kontrak model dengan agensi model ternama di AS, perhiasan bertatah berlian serta mutiara, sebuah apartemen dan gaji yang tidak disebutkan besarannya serta bea siswa sekolah film di New York.

EditorEko Hendrawan Sofyan
Komentar