Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Kebanjiran Pesanan

Kompas.com - 27/12/2012, 02:29 WIB

Jakarta, Kompas - Hotel-hotel di Bandung, Jakarta, dan Bali kebanjiran pesanan kamar untuk malam pergantian tahun. Sebagian hotel bahkan tidak lagi melayani pesanan karena kamar yang tersedia telah habis dipesan sejak satu hingga dua bulan lalu.

Resepsionis Hotel Royal Palace Bandung, Nana Sukarna, mengatakan, sampai 1 Januari 2013, semua kamar di hotel itu habis dipesan. Hal yang sama terjadi di Hotel Progo. ”Yang memesan kebanyakan tamu dari Jakarta,” ujar Andi Taufik yang bertugas di bagian reservasi Hotel Progo, Rabu (26/12).

Di Hotel Jayakarta Bandung, pesanan kamar menjelang pergantian tahun telah mencapai 50 persen. ”Biasanya, satu hingga dua hari menjelang tutup tahun kamar habis terpesan,” ujar Rudi Rachman, petugas reservasi hotel.

Di Bali, kamar Hotel Grand Istana Rama Bali Bianca Rosetta habis dipesan pada malam pergantian tahun. Menurut survei Litbang Kompas pada 17-18 Desember 2012 terhadap 682 responden, daerah tujuan wisata yang paling diincar untuk melewati Natal dan Tahun Baru adalah Bandung (26 persen), Bali (19,6 persen), dan Yogyakarta (16,2 persen).

Di Jakarta, hotel-hotel berbintang juga mulai kebanjiran pesanan. General Manager Resort Putri Duyung Boy Indrajaya mengatakan, sebanyak 131 cottage yang ada di Putri Duyung telah dipesan tamu untuk 30 Desember 2012 hingga 2 Januari 2013. Pemesanan dilakukan sejak Oktober dan November. Di Hotel Borobudur, Grand Hyatt Jakarta, dan Santika Jakarta, kamar yang telah dipesan untuk malam Tahun Baru mencapai 85 persen-90 persen.

Meski tahun ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan malam bebas kendaraan bermotor pada malam pergantian tahun di sejumlah ruas jalan, seperti Jalan Jenderal Sudirman, pengelola hotel yang berlokasi di sekitar jalan tersebut tetap optimistis hotelnya akan terisi penuh. Asistant Public Relations Manager Grand Hyatt Jakarta Agnes Ferisia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan jalur alternatif bagi tamu. Pihak keamanan hotel akan memandu tamu mengambil jalur Jalan Kebun Kacang untuk mencapai Grand Hyatt yang berlokasi di depan Bundaran Hotel Indonesia.

Disko dan konser

Untuk menarik minat tamu, sejumlah hotel menyediakan aneka acara hiburan. Hotel Indonesia Kempinski Jakarta menggelar ”Disko Fever” di lobi hotel. Hotel Mulia Senayan Jakarta menggelar konser Rick Price yang terkenal dengan lagu ”Heaven Knows” pada 1990-an. Rick juga didaulat menghitung mundur detik-detik menuju tahun yang baru.

Pengamat komunikasi dan gaya hidup Idi Subandy melihat, sebagian orang merasa perlu merayakan Tahun Baru karena momen itu dianggap sebagai titik akhir dari hal buruk dan titik awal buat hal baik. ”Meski begitu, perayaan Tahun Baru sebenarnya lebih banyak dikonstruksi pelaku industri. Merekalah yang menciptakan kebutuhan untuk merayakan Tahun Baru,” kata Idi.(K01/K02/K06/K07/K08/ K09/K11/K13/K14/SEM/ COK/AYS/BSW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com