Kamis, 24 Juli 2014
Ini Dia, 10 Film Terlaris di Tahun 2012
Kamis, 27 Desember 2012 | 16:34 WIB
|
Share:
Warner Bros

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Sejumlah film aksi dan animasi menuai sukses di tahun 2012. Film Avengers Assemble pun berhasil menempatkan posisi sebagai film terlaris di tahun 2012.

Selain Avengers, film-film apa saja yang memperoleh pendapatan cukup wow. Berikut sepuluh film box office terlaris tahun 2012.

1. Avenger Assembel - 1,5 miliar dollar AS
Jumlah pendapatan tersebut menempatkan film garapan suradara Joss Whedon ini sebagai film terlaris dan terbesar dan merupakan film pertama di tahun 2012 yang berhasil menembus angka pendapatan sebesar 1 miliar dollar AS.

Film yang diperkuat bintang-bintang besar, seperti Robert Downey Jr, Chris Evans, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Mark Ruffalo, dan Samuel L. Jackson mengantarkan film ini sebagai film yang menarik untuk disimak.

Perolehan pendapatan hingga 1,5 miliar di box office global tidak hanya menjadi film ini sebagai film terlaris tahun ini tetapi juga menempatkannya pada urutan film terlaris sepanjang masa  di belakang Avatar dan Titanic.



2. The Dark Knight Rises - 1,08 miliar dollar AS

Di tangan sutradara Christopher Nolan, film Batman menemukan gregetnya. Setelah menunggu lama selama empat tahun, Batman pun kembali ke layar lebar dan musim panas tahun ini, film terbarunya The Dark Knight Rises membawa peruntungan bagi Nolan untuk meraih kesuksesan.

Menghadirkan sejumlah wajah baru, seperti Tom Hardy dan Anne Hathaway memberi warna baru yang lumayan menggoda penonton untuk berduyun-duyun menyaksikan aksi Bruce Wayne merebut kembali kota Gotham.  Aktor Christian Bale, Gary Oldman, Morgan Freeman dan Michael Caine juga memberi daya kejut di film ini.

The Dark Knight Rises menjadi film seri Batman yang paling sukses. Film ini juga mengikuti jejak film sebelumnya yang berhasil menembus angka 1 miliar dollar AS.




3. Skyfall -  952 juta dollar AS

Film Bond menjadi salah satu film waralaba terbesar sepanjang masa. Memasuki usianya yang kelima puluh, film tentang agen rahasia Inggris ini berhasil menuai sukses luar biasa.

Sutradara Sam Mendes menemukan kembali kebanggannya pasca kurang memuaskannya perolehan pendapatan di film Bond sebelumnya, Quantum of Solace. Lewat  Skyfall yang kembali dibintangi Daniel Craig, kegairahan itu kembali diraihnya.

Aktris gaek Judi Dench kembali didapuk sebagai M, sementara Ralph Fiennes, Ben Whishaw, Javier Bardem dan Naomi Harris menjadi deretan pemain baru yang berhasil mencuri perhatian.
 
Tak hanya menuai sukses di puncak box office kawasan Amerika Serikat, Skyfall pun mendapatkan pendapatan yang luar biasa di kampung halamannya. Film ini  menjadi film terlaris di box office Inggris sepanjang masa.



4. Ice Age: Continental Drift -  874 juta dollar AS

Film Ice Age menunjukkan taringnya ketika dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 2000. Tak ada yang mengira, film ini menjadi salah satu film waralaba animasi terbesar sepanjang masa.

Memasuki seri keempatnya, Ice Age: Continental Drift, film petualangan Diego, Manny dan Sid ini menuai sukses besar.  

Steve Martino dan Mike Thurmeier dipercaya menggawangi penggarapan film ini. Ice Age ke-4 ini diperkuat oleh sejumlah aktor sebagai pengisi suaranya, seperti  Ray Romano, John Leguizamo, Denis Leary, Wanda Sykes, Queen Latifah dan Jennifer Lopez.


5. The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part 2 -  778 juta dollar AS.

The Twilight Saga menjadi film terbesar sepanjang masa yang menuai sukses di sejumlah bioskop di kawasan Amerika Serikat dan Inggris.  

Film ini pulalah yang membuat dua bintang utamanya,  Robert Pattinson dan Kristen Stewart, mendapat tempat di panggung Hollywood, setelah sukses memerankan sosok  Edward dan Bella.

Bill Condon kembali duduk di kursi sutradara untuk mengakhiri kisah asmara antara keturunan vampir dan manusia ini.   


6. The Amazing Spider Man -  753 juta dollar AS
Inilah film  Spider Man dengan wajah baru. Andrew Garfield menggantikan posisi Tobey Maguire sebagai Peter Parker, sosok di balik Spider Man.

The Amazing Spider Man mengambil cerita ke awal kembali ketika Parker yang culun berubah menjadi sosok jagoan. Di bawah arahan sutradara Marc Webb, kelanjutan film ini akan mulai digarap pada awal 2013. Garfield dan Webb akan kembali berkolaborasi.



7. Madagascar 3: Eropa Most Wanted -- 742 juta dollar AS

Madagascar menjadi film animasi yang juga menuai sukses. Tahun ini memasuki seri yang ketiga di mana mengangkat kisah  Alex, Marty, Melman dan Gloria yang  berjuang kembali ke "rumah" mereka di New York.

Dengan hanya tiga film waralaba Madagascar telah meraup lebih dari  1,8 miliar di box office global dan merupakan film seri terlaris dan terbesar kedelapan belas  sepanjang masa.

 
8. The Hunger Games - 686 juta dollar AS

Diadaptasi dari buku laris, The Hunger Games juga meraih sukses ketika diangkat ke layar lebar.  

Novel karya Suzanne Collins ini telah mendapatkan perhatian luas dalam beberapa tahun terakhir ini terlebih ketika diumumkan akan diangkat ke layar lebar.

Aktris nominasi Oscar,  Jennifer Lawrence, berperan sebagai bintang utama Katniss Everdeen. Film ini juga diperkuat oleh aktor  Liam Hemsworth, Josh Hutcherson, Woody Harrelson dan Elizabeth Banks.  

Tak cuma meraih pendapatan yang selangit, film ini juga menuai sambutan hangat dari para kritikus film. Saat ini, shooting film kedua, The Hunger Games: Catching Fire, sedang dalam proses. Akhir dari kisah film ini akan dirilis dalam dua bagian.


9. Men In Black 3 - 624 juta dollar AS

Kehadiran kembali Will Smith dan Tommy Lee Jones dalam film  Men In Black 3 pada musim panas ini, rupanya cukup ditunggu. Penampilan mereka pertama kalinya saat muncul sebagai agen  Agen J dan Agen K di tahun 1997.

Film ini mengikuti J Agen saat ia melakukan perjalanan kembali pada masa awal keriernya sebagai agen M.I.B pada tahun 1969 untuk menghentikan alien dari cobaan pembunuhan kepada  Agen K dan mengubah sejarah.

Josh Brolin dan Emma Thompson ikut memperkuat film kali ini.  
 


10. Brave -- 535 juta dollar AS

Perusahaan film Fixar mendapat sukses besar, setelah Brave mendapat tempat di hati penonton pada musim panas ini.  

Film yang dinilai berhasil  membawa Dataran Tinggi Skotlandia seperti nyata ke layar lebar membuat penonton begitu terkesima.  

Brave menjadi film animasi terbaik tahun ini dan menjadi film yang paling sukses bagi perusahaan film Pixar.

Editor :
Eko Hendrawan Sofyan