Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pergantian Tahun, Hotel di Trawangan Penuh

Kompas.com - 27/12/2012, 17:55 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Menjelang perayaan tahun baru 2013 seluruh kamar hotel di obyek wisata Gili (pulau kecil) Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat telah dipesan para wisatawan.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lombok Utara, Sinar Wugiarno di Tanjung, Kamis (27/12/2012), mengatakan semua kamar hotel di Gili Trawangan sudah fully booked sejak 20 Desember 2012.

"Tingkat hunian kamar hotel di luar Gili Trawangan mencapai 90 hingga 95 persen dan diperkirakan akan penuh pada saat menjelang perayaan tahun baru 2013," katanya.

Sinar mengatakan, sejumlah hotel di Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air menggelar berbagai acara untuk memeriahkan acara pergantian tahun 2012 ke 2013 itu termasuk dengan mementaskan kesenian tradisional khas Lombok.

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara juga menggelar promosi destinasi wisata tahunan, "Gili Begawe" atau "Gili Fiesta" di Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Pada tahun ini acara tersebut dipusatkan di Gili Trawangan, setelah pada tahun-tahun sebelum digelar di Gili Meno dan Gili Air.

Seperti tahun lalu agenda akhir tahun itu diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya, Lomba Marathon (10 K), Voli Pantai, Lomba Perahu Hias dan pertunjukan kesenian khas dan kegiatan penghijauan di sepanjang pesir pantai melibatkan masyarakat setempat, para pelaku wisata dan turis asing.

Kegiatan Gili Begawe dihajatkan menjadi media promosi sekaligus memperkenalkan obyek wisata Tiga Gili sebagai destinasi wisata unggulan dengan keindahan panorama alam bawah laut dan pesona kearifan lokal yang tetap lestari.

Sinar menandaskan, Gili Begawe juga ditujukan untuk berbagai kegembiraan sekaligus memeriahkan momentum pergantian tahun bersama masyarakat dan wisatawan yang pada acara pergantian tahun itu dipadati wisatawan.

Acara itu merupakan upaya pencitraan positif tentang Tiga Gili yang tidak hanya memiliki keindahan alam, namun juga ada kebersamaan dengan masyarakat dan pemerintah.

Angka kunjungan wisatawan ke Gili Trawangan pada 2012 mencapai 400.000 orang, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Para wisatawan itu datang menggunakan kapal cepat dari Bali atau melalui Pelabuhan Bangsal dan Teluk Nara di Kecamatan Pemenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com