Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aqi "Alexa": Merokok Bukan Pengusir Kantuk Selagi Mengemudi

Kompas.com - 02/01/2013, 18:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mengantuk merupakan salah satu pengganggu mengemudi dengan aman dan nyaman. Tapi, Aqi, vokalis band Alexa, tak memilih mengisap rokok untuk mengusir kantuk selagi menyetir.

Bahkan, menurut Aqi, cara yang ditempuh oleh tak sedikit orang itu justru salah. "Karena, ngerokok itu dapat mengurangi suplai oksigen ke otak. Kalau sudah begitu, pasti bakal nambah ngantuk," kata Aqi ketika diwawancara per telepon oleh Kompas.com di Jakarta, Rabu (2/1/2013).

Aqi mengingatkan pula bahwa mengisap rokok hanya sementara menghilangkan kantuk. Namun, hal itu bersifat sementara. "Memang sih, pas ngerokok enggak ngantuk. Tapi, setelah habis rokoknya, malah tambah ngantuk," ucapnya.

Menurut Aqi, menepikan kendaraan dan meminum kopi bisa menjadi solusi yang tepat. "Kalau saya sih mending menepi saja. Apalagi, kalau sudah di tol, pas ngantuk mending berhenti di pinggir atau ke shelter ngopi-ngopi dulu, yang penting asal jangan ngerokok," ujarnya.

Kalau pun memilih meminum kopi, pria yang belum lama ini merilis single "Bebas" bersama rekan-rekannya dalam Alexa ini tidak akan melakukannya sambil menyetir. "Ya, itu kan berarti kopinya kalau di botol harus dipegang kan ya. Repot lagi kalau sambil nyetir. Nanti, kalau tumpah, lebih berabe. Jadi, mending enggak usah maksa. Kalau yang dipaksain itu biasanya enggak enak," ujarnya lagi.

Bagi yang tak suka kopi, Aqi punya tips lainnya untuk membunuh kantuk. "Banyak tips di internet buat mengatasi ngantuk. Misalnya, berhenti dulu di pinggir jalan, terus lompat-lompat kecil, yang penting melancarkan darah ke otak supaya enggak ngantuk," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com