Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Dituntut Meminta Maaf dan Menarik Film "Cinta tapi Beda"

Kompas.com - 07/01/2013, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Badan Koordinasi Kemasyarakatan & Kebudayaan Alam Minangkabau (BK3AM), Keluarga Mahasiswa Minang Jaya (KMM Jaya), dan Ikatan Pemuda Pemudi Minangkabau Indonesia (IPPMI) mengadukan Hanung Bramantyo ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/1/2013), berkait dengan isi film Cinta tapi Beda.

Dengan nomor laporan TBL/35/I/2013/PMJ/Dit Reskrimum, mereka menuntut Hanung, yang disebut oleh mereka sebagai sutradara, untuk menyampaikan permohonan maaf karena baginya menyakiti perasaan suku Minang. Mereka juga ingin film itu segera diturunkan dari layar bioskop.

"Kami mau film ini ditarik dan tak ditampilkan di bagian dunia manapun dan festival manapun. Dan, (Hanung) membuat pernyataan maaf ke seluruh masyarakat Minang," kata kuasa hukum para pelapor, Zulhendri Hasan, SH, MH, usai mengajukan aduan.

Sebelumnya, Hanung sudah menanggapi polemik berkait dengan isi film tersebut. Ia juga telah meminta film itu segera diturunkan. Namun, pada situs www.21cineplex.com, film itu masih masuk daftar film yang diputar di beberapa gedung bioskop di Jakarta.

Zulhendri, mewakili para kliennya, mengutarakan pula, "Di film ini yang menjadi nilai jual adalah perbedaaan agamanya dan, (kami) sangat menyayangkan, kenapa suku Minang yang dijadikan sample bukan unsur agamanya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com