Sabtu, 20 Desember 2014
Visit Jateng Pasar Semawis dan Solo Batik Carnival Warnai Visit Jateng
Penulis : Winarto Herusansono | Selasa, 15 Januari 2013 | 13:56 WIB
|
Share:
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA
Turis dari Eropa yang menggunakan kapal pesiar Minerva tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (7/1/2013). Turis yang berkunjung ke Jawa Tengah diperkirakan meningkat seiring dengan banyaknya kapal pesiar yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas. Pada tahun 2011 terdapat 17 kapal pesiar yang bersandar dan tahun 2013 diperkirakan naik menjadi 26 kapal. Kunjungan singkat selama satu hari untuk berwisata di Borobudur dan Museum Kereta Api Ambarawa.

SEMARANG, KOMPAS.com — Pasar Semawis dan Solo Batik Carnival masuk perhelatan unggulan yang siap digelar menyongsong Visit Jawa Tengah 2013. Di Jawa Tengah atau Jateng sendiri ada tak kurang 130 pergelaran unggulan yang sangat penting untuk menarik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara berkunjung ke Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Aribowo, Selasa (15/1/2013), mengemukakan, Visit Jateng 2013 atau Tahun Kunjungan Jateng bertujuan mengenalkan semua daerah tujuan wisata dan pergelaran penting di Jawa Tengah.

Makin banyak wisatawan datang tentunya memberi dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat, pengelola restoran, pemilik hotel dan homestay, perajin cendera mata, serta usaha kecil lainnya.

Pasar Semawis yang digelar pada akhir Januari 2013 di Kota Semarang bukan satu-satunya pergelaran menarik di ibu kota Jawa Tengah. Wisatawan dapat mengunjungi Kelenteng Sam Po Kong, Kota Lama, Gedung Lawang Sewu, dan wisata kuliner di kawasan Gang Lombok, Semarang.

Sejumlah pergelaran lain yang juga menarik yakni Semarang Night Carnival, Pekan Batik Internasional di Pekalongan, Borobudur Internasional Festival di Magelang, Festival Perahu Naga di Cilacap, Perayaan Waisak di Borobudur (Magelang), Sekaten di Solo, Gerebeg Besar di Demak, dan Dugderan di Kota Semarang.

Kegiatan Visit Jateng 2013 juga merujuk pada makin meningkatnya kegiatan Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE), yang dilangsungkan di sejumlah kota, seperti Semarang, Magelang, Solo, Pekalongan, dan Cilacap.

Ada empat daerah tujuan wisata unggulan telah siap, yakni Museum Situs Sangiran di Sragen, Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara, Borobudur di Magelang, dan Museum Kartini di Jepara.



Editor :
Marcus Suprihadi