Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadine Chandrawinata Belajar Batik di Solo

Kompas.com - 18/01/2013, 14:08 WIB

SOLO, KOMPAS.com -- Mantan Puteri Indonesia Nadine Chandrawinata sedang jatuh cinta kepada batik. Dara kelahiran 8 Mei 1984 ini pun datang ke Solo, Jawa Tengah, untuk belajar membatik. Ia berencana membuat motif batik sendiri untuk kemudian dipasarkan.

Puteri Indonesia 2005 dari DKI Jakarta ini mengaku telah belajar membatik di Kampung Batik Laweyan, Kecamatan Laweyan. Di sentra kerajinan batik terbesar di Solo itu ia menimba pengetahuan mengenai motif batik, baik yang dicetak, dicap, maupun yang ditulis.

"Kemarin saya ke Solo belajar batik. Rencananya mau bikin motif batik sendiri buat dipasarkan," kata Nadine saat berada di Solo, Kamis (17/1/2013).

Wakil Indonesia dalam Miss Universe 2006 di Los Angeles, AS, ini pun mengaku masih belum mahir membatik sehingga perlu lebih banyak belajar.

Nadine menuturkan, motif batik yang ingin dibuatnya adalah motif tentang alam, baik tumbuhan, bunga, hewan, atau pemandangan alam. Ia menyukai motif-motif tersebut sesuai dengan kesukaannya akan kegiatan di alam, terutama menyelam. "Saya pikir motif-motif batik tentang alam masih sangat minim, jadi pasti menarik," terangnya. (Ikrob Didik Irawan/Fajar Anjungroso)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com