Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNN: Raffi Gunakan Methylone Karena Masalah Pribadi

Kompas.com - 01/02/2013, 17:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dalam jumpa pers yang diadakan oleh pihak Badan Narkotika Nasional (BNN), Jumat (1/2/2013) di kantor BNN, Jakarta, diungkapkan bahwa pembawa acara, artis peran, dan penyanyi Raffi Ahmad, yang kini sudah berstatus tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba, diperkirakan telah lama mengonsumsi methylone karena masalah pribadi.

Menurut penyidik BNN, hal itu bisa dilihat dari tingkah laku, emosi, dan proses berpikir Raffi selama menjalani pemeriksaan. "Raffi sudah lama menggunakan methylone. Kami bisa lihat dari tingkah laku, emosi, dan proses pikirnya. Kami melakukan pendekatan dengan tim ahli dan konselor. Konselor di sini adalah bekas pemakai yang kerja di kami," terang Deputi Rehabilitasi, BNN, Kusman Suriakusumah, ketika memberi keterangan pers di gedung BNN.

Diterangkan pula oleh Kusman, methylone menimbulkan ketergantungan. Jika zat tersebut dikonsumsi selama tiga bulan berturut-turut dan kemudian penggunaannya dihentikan secara mendadak, pengguna akan merasakan efek gelisah.

"Kalau pakainya sudah lama, bisa ketahuan, (karena) kalau mendadak enggak pakai jadi gelisah, tidur enggak nyenyak. Menurut saya, gejala seperti ini minimal (karena) pemakaian tiga bulan. Kalau tiga bulan dia pakai terus menerus, terus putus (tidak mengonsumsi lagi), maka akan muncul efeknya," paparnya.

Kusman juga mengatakan bahwa Raffi mengaku menggunakan methylone karena mengalami masalah pribadi. "Dia bilang, masalah pribadi. Tapi, saya enggak bilang karena (putus dengan) Yuni Shara," ujar Kusman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com