Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mpok Nori Derita Gejala Tifus

Kompas.com - 05/02/2013, 21:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Seminggu sudah insan seni Betawi yang juga pelawak senior Mpok Nori dirawat di Rumah Sakit Pusdikes Kramat Jati, Jakarta Timur. Ia menderita gejala tifus.

"Biasa, kecapekan, gejala tifus. Memang dia sudah lama punya penyakit tifus, kebetulan kambuh lagi. Namanya juga sudah tua," kata Rosita, cucu Mpok Nori, ketika ditelepon oleh para wartawan, Selasa (5/2/2013).

Dengan usianya yang sudah tak muda lagi, Mpok Nori tetap tidak membatasi aktivitasnya. Menurut Rosita, sebelum dirawat, ia masih mengisi pertunjukan lenong di Cirebon. Sejak pulang, kondisi badannya melemah. Sementara itu, keluarganya tidak berani melarangnya berkegiatan. "Ya, tapi tergantung dia (Mpok Nori), soalnya enggak ada yang berani (melarang). Kalau dia mau terima (pekerjaan), ya diterima. Kalau enggak, ya enggak," jelas Rosita.

Untung, keadan Mpok Nori kini berangsur pulih. Menurut Rosita, neneknya akan kembali ke rumah. Nantinya, aktivitas Mpok Nori juga akan lebih diawasi. "Ya, akan didampingi sama keluarga. Jadi, (kalau) ada apa-apa, ya disuruh istirahat," terang Rosita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com